London, (ANTARA/PRNewswire)- Pada kuartal pertama tahun 2024, pasar semikonduktor menurun sekitar 2% menjadi $151,5 miliar menurut Competitive Landscaping Tool baru milik Omdia. Biasanya, kuartal pertama mengalami penurunan karena pendapatan pasar turun 4,4% setelah kuartal keempat yang kuat karena permintaan musiman. Sebagian besar segmen pasar semikonduktor mengalami penurunan pada kuartal pertama. Segmen konsumen mengalami dampak terparah menjadi 10,4% sejak Kuartal ke-4 tahun 2023 sedangkan segmen industri turun 8,5% karena penyesuaian inventaris. Bahkan segmen otomotif yang pertumbuhannya stabil selama bertahun-tahun, menjadi negatif karena penurunan sebesar 5,1% pada Kuartal ke-1 tahun 2024.

Penurunan di segmen ini diimbangi oleh pertumbuhan triwulanan pada divisi pemrosesan data, yang meningkat 3,7% karena tingginya permintaan yang terus-menerus terhadap chip NVIDIA dan berbagai produk AI lainnya.

Lintasan pertumbuhan NVIDIA tetap kuat karena memperluas pangsa pasarnya lebih dari dua poin persentase, dan kini mewakili 14,5% dari total pendapatan pasar semikonduktor. Meskipun menyalip beberapa pemimpin semikonduktor tradisional, Samsung dan Intel bersama-sama menguasai 18,6% pendapatan pasar semikonduktor, dan NVIDIA terus unggul. Selain itu, dengan lonjakan pertumbuhan memori, peringkat pangsa pasar SK Hynix dan Micron turut meningkat.

Sektor otomotif yang awalnya tidak mengalami pertumbuhan pasar semikonduktor industri akibat pandemi COVID-19, akhirnya menurun namun cepat pulih. Setelah mengalami pertumbuhan pendapatan selama 13 kuartal berturut-turut, mulai pada Kuartal ke-3 Tahun 2020, segmen otomotif sedikit menurun 0,6% pada Kuartal ke-4 Tahun 2023. Namun penurunan ini semakin parah pada Kuartal ke-1 Tahun 2024 karena merosot sebesar 5,1% dibanding kuartal sebelumnya. Tren penurunan ini memperlibatkan perlambatan lebih luas pada permintaan akan mobil. Tingkat pertumbuhan kendaraan listrik menurun dalam beberapa kuartal terakhir, sehinga mendorong kalibrasi ulang permintaan semikonduktor. Terlepas dari semua tantangan ini, pasar semikonduktor otomotif tetap menjadi bidang pertumbuhan jangka panjang yang menjanjikan dan siap meningkat dalam lima tahun ke depan.

Menurut Global Semiconductor Manufacturing Market Tracker Omdia (GMMT) dan Pure Play Foundry Tracker (laporan Kuartal ke-4 Tahun 2023), gabungan pemanfaatan pabrik (IDM + Foundry) mencerminkan tren keseluruhan dalam industri semikonduktor. Setelah mencapai puncak permintaan semikonduktor selama awal COVID tahun 2022, tingkat pemanfaatan anjlok pada semester ke-2 Tahun 2022 akibat permintaan menurun tajam dan tingkat inventaris mencapai rekor tinggi. Meskipun pendapatan semikonduktor mengalami pertumbuhan sepanjang tahun 2023, tingkat pemanfaatan pabrik masih rendah, yaitu 80%.

Kata Chief Analyst Omdia, Craig Stice, "Tingkat pemanfaatan mulai sedikit meningkat pada semester ke-2 tahun 2023 karena di pasar mulai seimbang Namun hal ini belum terwujud karena pola permintaan tradisional belum terjadi sepenuhnya. Permintaan akan terus meningkat selama semester ke-2 Tahun 2024, yang akan menyebabkan koreksi inventaris sehingga kembali mendorong tingkat pemanfaatan pabrik."

TENTANG OMDIA

Omdia adalah bagian dari Informa Tech dan merupakan kelompok penelitian dan penasihat teknologi. Pengetahuan kami yang mendalam tentang pasar teknologi beserta wawasan kami yang dapat ditindaklanjuti memampukan berbagai perusahaan membuat keputusan yang cerdas tentang pertumbuhan.


Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024