Jakarta (ANTARA) - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) bekerja sama dengan Kedutaan Besar Prancis menggelar Olympic Day di Lapangan Hockey Komplek Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu, untuk memperingati hari Olimpiade.

Kegiatan yang juga menjadi ajang promosi Olimpiade Paris 2024 tersebut menyuguhkan fun run bertema "Menjaga Merah Putih" yang mempertandingkan dua nomor 5K untuk dewasa dan 3K untuk remaja.

"Ini kerja sama yang baik antara NOC dan Kedutaan Besar Prancis untuk Indonesia," kata Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari kepada pewarta.

"Atas nama NOC kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan maksimal terhadap penyelenggaraan Olympic Day," imbuh Okto, sapaan akrabnya.

Selain menggelar fun run, Olympic Day juga menyuguhkan ajang Mini Olympic Games yang mempertandingkan cabang olahraga atletik nomor sprint 60 meter dan estafet 4x60 meter.

Lalu juga cabang olahraga memanah dengan mempertandingkan nomor lomba standard bow dan recurve bow.

Selain atletik dan panahan terdapat tiga cabang olahraga lain yang dipertandingkan yakni basket 3X3, sepak bola 5X5, dan T1 rugby.


Baca juga: Dito sebut siaran langsung Olimpiade bangkitkan rasa cinta masyarakat

Keseruan lainnya dari Olympic Day yakni ajang ekshibisi yang mempertandingkan cornhole, parkour, dan robotic.

Ditanya mengenai persiapan menuju Olimpiade Paris 2024, Okto menguraikan bahwa saat ini tim Merah Putih telah mencapai fase final dengan sejumlah atlet telah lolos kualifikasi dan tengah menunggu sejumlah cabang olahraga yang masih menjalani kualifikasi.

"Saya rasa ini sudah fase final, di mana para atlet yang telah lolos kualifikasi sudah siap untuk aklimatisasi. Jadi ada beberapa yang sudah berangkat," kata Okto.

Baca juga: CdM Indonesia sosialisasikan semangat Olimpiade bersama masyarakat
Baca juga: KOI: Indonesia siap buat kejutan di Olimpiade Paris 2024

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024