Luksemburg (ANTARA) - Wakil Perdana Menteri (PM) China Ding Xuexiang dan Wakil Perdana Menteri Luksemburg Xavier Bettel sepakat bahwa kedua negara harus bekerja sama untuk meningkatkan kerja sama di bawah Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra (Belt and Road Initiative/BRI).

Pernyataan tersebut disampaikan oleh kedua pemimpin saat menghadiri Forum "Jalur Sutra Udara" Zhengzhou-Luksemburg untuk Kerja Sama Internasional yang kedua pada Kamis (20/6).

Ding menjelaskan bahwa pada Juni 2017, Presiden China Xi Jinping mengusulkan untuk mendukung pembangunan "Jalur Sutra Udara" antara Kota Zhengzhou di China tengah dan Luksemburg. Pernyataan ketua Forum Sabuk dan Jalur Sutra untuk Kerja Sama Internasional ketiga pada Oktober 2023 mengumumkan bahwa Forum "Jalur Sutra Udara" Zhengzhou-Luksemburg untuk Kerja Sama Internasional yang kedua akan diselenggarakan.

Ding yang juga merupakan anggota Komite Tetap Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC) mengatakan bahwa forum tersebut merupakan langkah praktis untuk mengimplementasikan konsensus yang dicapai oleh para pemimpin kedua negara untuk mempererat kerja sama Sabuk dan Jalur Sutra, yang memiliki signifikansi penting.

Menurut dia, selama bertahun-tahun, kedua negara telah menjunjung tinggi semangat Jalur Sutra dan mencapai hasil-hasil yang luar biasa dalam pembangunan "Jalur Sutra Udara", membangun jembatan konektivitas udara dan menjadikannya sebagai proyek penting dalam kerja sama Sabuk dan Jalur Sutra.
 
  Wakil Perdana Menteri Tiongkok Ding Xuexiang menyampaikan pidato saat menghadiri Forum "Jalan Sutra Udara" Zhengzhou-Luksemburg yang kedua untuk Kerja Sama Internasional dengan Wakil Perdana Menteri Luksemburg Xavier Bettel, di Luksemburg, (20/6/2024). (Xinhua/Shen Hong) 


"Ke depannya, China siap bekerja sama dengan Luksemburg untuk membangun sistem transportasi penerbangan yang lebih efisien, menjalin kerja sama ekonomi dan perdagangan yang lebih erat, serta mengembangkan pertukaran budaya yang beragam dan interaktif guna mendorong pengembangan "Jalur Sutra Udara" yang berkualitas tinggi," ujar Ding.

Menurut dia, China semakin memperdalam reformasi secara komprehensif dan mempromosikan pembangunan berkualitas tinggi melalui keterbukaan tingkat tinggi. Ding menekankan bahwa pintu China bagi dunia akan semakin terbuka lebar, menawarkan peluang pasar yang lebih luas kepada semua negara, dan menghadirkan lebih banyak kesempatan kerja sama yang saling menguntungkan.

"Kami menyambut baik partisipasi aktif semua negara, termasuk Luksemburg, dalam proses modernisasi China, berbagi hasil reformasi dan pembangunan China untuk mencapai pembangunan dan kemakmuran bersama," ujarnya.

Wakil Perdana Menteri Luksemburg Xavier Bettel mengatakan bahwa "Jalur Sutra Udara" antara Luksemburg dan Zhengzhou telah menjadi penghubung penting dalam memperkuat hubungan bilateral.

Dia juga menyoroti bahwa selama pandemi COVID-19, rute ini telah mengangkut sejumlah besar pasokan medis China, yang sangat mendukung Luksemburg dan negara-negara Eropa lainnya dalam mengatasi pandemi. Bettel mengatakan Luksemburg siap untuk memanfaatkan forum ini sebagai peluang untuk menjalin kerja sama yang erat dengan China dalam berbagai bidang di bawah kerangka kerja BRI.

Usai forum tersebut, Ding dan Bettel bersama-sama mengunjungi pameran pencapaian "Jalur Sutra Udara".

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2024