Labuan Bajo (ANTARA) - Emergency Response Team melakukan evakuasi terhadap 15 penumpang kapal KM Budi Utama yang tenggelam di perairan selatan Pulau Padar, kawasan Taman Nasional Komodo (TNK), Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Berdasarkan manifest kapal, ada 15 penumpang yang terdiri atas 10 penumpang dan lima anak buah kapal (ABK)," kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Labuan Bajo Stephanus Risdiyanto dihubungi di Labuan Bajo, Sabtu.

Baca juga: Satu kapal wisata di Labuan Bajo terbakar
 
Ia menjelaskan kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 08.00 Wita. "Kapal tenggelam diduga karena terseret arus dan tidak bisa dikendalikan di lokasi pertemuan arus," katanya.
 
Ia menambahkan semua kru kapal dan penumpang dinyatakan selamat dan selanjutnya dievakuasi oleh Emergency Response Team menuju Labuan bajo menggunakan KM Senada Phinisi.
 
Kepala Pos SAR Manggarai Barat Edy Suryono ditemui di Pelabuhan Marina Waterfront City Labuan Bajo mengatakan evakuasi berjalan dengan baik dan para penumpang kapal tiba di Labuan Bajo sekitar pukul 11.30 Wita.
 
Para penumpang merupakan wisatawan dan tiga diantaranya merupakan wisatawan asing.

Baca juga: Tim SAR gabungan evakuasi 37 wisatawan kapal kandas di Labuan Bajo

Baca juga: 12 penumpang KM Lalong Koe yang tenggelam di NTT ditemukan selamat
 
"Terdapat dua korban wisatawan asing yang mengalami luka ringan dan telah dievakuasi ke RS Siloam Labuan Bajo untuk penanganan medis," katanya.
 
Ia menjelaskan terdapat sejumlah alat utama yang dikerahkan dalam evakuasi tersebut, di antaranya RIB 400 PK Labuan Bajo, Sea Rider KSOP 300 PK Labuan Bajo, Ditpolair KPC 12000 PK Polda NTT 1, Rapid Land Pos SAR Manggarai Barat, Palsar Air Lainnya dan Searider 85 PK Baharkam Mabes Polri.

Pewarta: Gecio Viana
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024