Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, acara gerak jalan “Bhayangkara Fun Walk 2024” menjadi simbol harapan bagi lembaga penegak hukum untuk berjalan bersama dalam menjaga Indonesia.
 
Harapan itu sejalan dengan tema kegiatan yang turut diikuti oleh unsur TNI, Kejaksaan Agung, dan Kemenkopolhukam tersebut, yakni “Berjalan dalam Kesatuan”.
 
“Sesuai dengan temanya bahwa kita bersama-sama gerak untuk bersatu, jadi tentunya kita harapkan dengan bersama-sama, dengan bersatu, kita bisa membangun dan menjaga Indonesia agar bisa menjadi lebih baik,” kata Listyo ketika ditemui usai acara di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jakarta Selatan, Sabtu.
 
Ia mengatakan, acara “Bhayangkara Fun Walk 2024” merupakan salah satu rangkaian acara menjelang puncak perayaan Hari Bhayangkara ke-78 yang akan digelar di Monumen Nasional (Monas) pada tanggal 1 Juli 2024.
 
Selain acara yang berkaitan dengan olahraga, lanjutnya, Polri juga telah menggelar bakti sosial, bakti kesehatan, serta acara-acara bertemakan seni dan budaya.
 
“Kita harapkan kegiatan itu menjadi simbol bahwa Polri bersama-sama dengan TNI dan seluruh stakeholder yang lain, selalu bersama dalam menjaga Indonesia,” ujarnya.
 
Dalam acara tersebut, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Hadi Tjahjanto, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, dan Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin ikut serta dalam kegiatan gerak jalan bersama Kapolri.
 
Menko Polhukam Hadi mengatakan, acara ini merupakan kegiatan positif yang harus terus dipertahankan untuk menyambung tali persaudaraan.
 
“Ini adalah kegiatan yang sangat positif untuk membangun suatu silaturahim yang memang harus dipertahankan dan ditingkatkan terus,” ujarnya.
 
Sebanyak kurang lebih 4.000 peserta mengikuti rangkaian acara yang berlangsung mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB.
 
Adapun jalur gerak jalan mengambil di rute kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dimulai dari sekitaran Lapangan Bhayangkara Mabes Polri di Jalan Palatehan III, Kebayoran Baru. Kemudian, para peserta berlanjut ke Jalan Pattimura, berlanjut ke arah Patung Pemuda Membangun, lalu belok ke arah Jalan Sisingamaraja sampai Halte CSW, hingga finis di Lapangan Bhayangkara.
 
Selain berjalan santai, acara juga diramaikan dengan parade kostum. Sejumlah peserta mengenakan kostum unik bertemakan legenda Indonesia hingga meniru pahlawan nasional. Peserta yang terpilih sebagai kostum terbaik mendapatkan hadiah dari panitia.
 
 

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2024