Jakarta (ANTARA) - Pembalap Mercedes Lewis Hamilton mengaku percaya diri untuk menghadapi kualifikasi F1 Grand Prix Spanyol di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Sabtu, pukul 21.00 WIB.

Hal itu menyusul performa mobil W15 yang ia nilai menunjukkan peningkatan signifikan pada sesi latihan bebas (FP) pertama dan kedua, serta penampilan mobil tersebut pada GP Kanada yang digelar dua peka sebelumnya.

“Di FP1 cukup baik, tapi di FP2 terasa sedikit lebih baik. Saya pikir kami membuat beberapa perubahan bagus dan mobil terasa sangat bagus,” kata Hamilton, dikutip dari laman resmi Formula 1.

“Treknya sangat panas, sangat sulit untuk (menjaga kondisi) ban, terutama dalam jangka panjang, tapi rasanya kami tidak terlalu jauh. Saya tidak akan terlalu memperhatikan waktu putaran, tapi menurut saya mobilnya pasti berada di jalur yang tepat,” ujarnya menambahkan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pembalap berusia 39 tahun itu mengakui bahwa tim masih memiliki sejumlah pekerjaan yang harus dilakukan.

“Saya pikir kami memiliki beberapa pekerjaan yang harus dilakukan untuk memperbaiki (mobil) dalam waktu cepat dan untuk melihat apakah kami dapat menahan Red Bull, Ferrari, dan McLaren,” kata Hamilton.

Ia pun turut mengapresiasi tim yang terus mengembangkan W15 tanpa kenal lelah di tengah musim yang semakin kompetitif.

Baca juga: Norris dan Hamilton tercepat di hari pertama F1 GP Spanyol

“Menurut saya, langkah-langkah bertahap yang telah mereka ambil… dan semua orang telah bekerja sangat keras dalam membuat komponen dan menghadirkannya secara konsisten, bukan dalam jumlah besar di sana-sini, dan untuk itu, saya sangat berterima kasih,” kata Hamilton.

“Anda mulai melihat betapa nyamannya kami sebagai pembalap di dalam mobil, jadi ini luar biasa,” ujarnya menambahkan.

Sependapat, rekan satu timnya, George Russell, yang mencetak pole dan meraih podium pertama Mercedes musim ini di Kanada, juga memiliki optimisme yang sama dengan Hamilton untuk GP Spanyol.

“Saya merasa baik, merasa bersemangat. Ini yang sudah lama kami kejar. Kami tidak ingin mendahului diri kami sendiri,” kata Russell.

“Lewis melakukan pekerjaan dan putaran yang bagus di sesi FP. Namun, pada kualifikasi nanti, Red Bull akan tampil lebih kuat, McLaren juga sangat cepat, pun dengan Ferrari. Jadi, kami memperkirakan ada pertarungan yang seru,” imbuhnya.

Baca juga: Statistik Grand Prix Spanyol 2024 di Barcelona
Baca juga: Jadwal lengkap Formula 1 GP Spanyol 2024


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024