Mataram (ANTARA) - Seorang haji Embarkasi Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dilaporkan wafat di Tanah Suci Makkah, Arab Saudi.

Ketua Tim Bina Haji Reguler dan Advokasi Haji Bidang PHU Kanwil Kemenag NTB Syukri Safwan membenarkan seorang haji asal NTB wafat di Arab Saudi.

"Seorang haji yang meninggal ini atas nama Sade binti Amaq Ratnasih berusia 80 tahun," ujarnya melalui pesan Whatsapp di Mataram, Sabtu.

Ia menyebutkan Sade binti Amaq Ratnasih merupakan warga Mertak Wareng, Beber, Kecamatan Batukliang, Kabupaten Lombok Tengah. Sade binti Amaq Ratnasih tergabung di Kloter 2 Embarkasi Lombok.

"Almarhumah meninggal pada hari Jumat (21/6), pukul 07.23 Waktu Arab Saudi (WAS), akibat penyakit Cardiac Arrhythmia atau serangan jantung," katanya.

Baca juga: Kepulangan jamaah Kloter 1 Palembang ditunda, jadi besok pagi

Ia menjelaskan jenazah almarhumah dimakamkan pada hari yang sama, pukul 20.30 WAS di Pemakaman Sarraya' Makkah Al-Mukarramah.

Dengan tambahan wafat satu orang haji tersebut, total jamaah haji asal NTB yang meninggal di Arab Saudi menjadi tiga orang.

Sebanyak dua anggota jamaah lain yang meninggal tersebut, yakni Salamah dari Kloter 4 asal Kabupaten Lombok Timur. Salamah dilaporkan meninggal dunia akibat serangan jantung.

Selain itu, Rumini Muhammad berusia 87 tahun yang tergabung dalam Kloter 11 asal Praimeke, Kecamatan Praya Tengah, Kabupaten Lombok Tengah.

Ia meninggal pada Sabtu (8/6), pukul 09.00 WAS di RS An-Nuur dan dimakamkan di Pemakaman Syuhada Harom Sareah, Makkah. Rumini Muhammad meninggal akibat serangan jantung.

Baca juga: Haji dan diplomasi penguatan moderasi beragama untuk dunia
Baca juga: PPIH Batam: Jamaah haji tiba di asrama jadi tanggung jawab pemda
Baca juga: Timwas Haji DPR Nilai Pengalihan Setengah Kuota Tambahan untuk Haji Khusus Salahi Aturan

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2024