Liverpool (ANTARA News) - Tidak ingin disebut sebagai sosok bersolek di kaca benggala kemudian berkata-kata sarat sanjungan diri sendiri, mantan striker Liverpool Robbie Fowler justru bertegas makna bahwa The Reds bakal menghadapi perlawanan heroik dari tim tetangga mereka, Everton.

Liverpool perlu ekstra waspada manakala menghadapi Everton dalam laga lanjutan Premier League pekan ke-23 yang akan dihelat di Stadion Anfield, pada Rabu dini hari, pukul 03.00 WIB. Laga mendidih di Anfield antara dua tim bertetangga itu akan ditayangkan oleh Indosiar.

Fowler menyebut bahwa skuad "The Toffees", predikat bagi Everton, tampil "sangat sangat percaya diri", karena lawannya kali ini Liverpool. Kedua tim bertetangga dekat itu tercekat dalam laga bertitel Derbi Merseyside ke-222.

Kedua tim sama-sama mengusung perseteruan, paling tidak berkompetisi dalam perburuan poin. Sang Merah Liverpool berada di peringkat keempat dengan mengemas 43 poin, sementara Sang Biru berada di posisi keenam dengan memetik 42 poin.

Perburuan poin, perebutan gengsi skuad sekota, menghela Fowler dengan menyebut bahwa lawan Liverpool kali ini siap tampil ekstra percaya diri. Berbicara kepada Radio BBC, ia mengatakan, "Mereka (para pemain Everton) tampil dengan gaya sepak bola menawan. Jelas ini menjadi ancaman bagi kubu Liverpool."

Di mata Fowler, pasukan asuhan pelatih Roberto Martinez ini siap meluncurkan perlawanan dengan menjalin serangan tiada henti ke kubu pertahanan Liverpool.

"Menyaksikan cara bermain Everton, mereka punya gaya sepak bola mumpuni. Mereka siap siaga sepenuh hati ke Anfield. Setiap pemain dari mereka siap bekerja keras. Menarik menyaksikan kedua tim menurunkan formasi pemainnya masing-masing dalam pertandingan ini," katanya.

Pelatih Brendan Rodgers sepakat dengan sinyalemen Fowler itu. Ia menyadari bahwa Liverpool perlu meraih poin maksimal dari lima laga kandang ke depan untuk mampu meluncur ke tiga besar Premier League musim kompetisi 2013/14.

Kalau The Reds bersibuk dengan mengais poin demi poin, bagaimana dengan Everton? Setali tiga uang, skuad Everton tentu berharap menuai drama manis ketika menghadapi duel dengan Liverpool.

Di bawah arahan Martinez, penampilan Everton terus berubah dinamis dibandingkan ketika ditangani David Moyes. Jika Everton mampu finis di empat besar Premeir League atau memenangi Piala FA, Martinez boleh bertepuk dada.

Tidak jauh beda dengan pola serangan yang dibangun Liverpool, skuad The Toffees tidak canggung merangsek lini pertahanan lawan dengan melancarkan serbuan bertubi-tubi. Post scriptum, Everton punya lini pertahanan yang relatif kokoh dibandingkan dengan skuad tetangganya itu.

Anatomi kedua tim:
     
Head-to-head:
* Liverpool tidak terkalahkan dalam 13 laga derbi Merseyside ajang Premier League yang diadakan di Anfield dengan torehan enam kali menang dan tujuh kali imbang.
* Everton belum pernah menang melawan Liverpool ketika menjalani enam pertandingan Premier League, meski tiga pertemuan kedua tim berakhir imbang.
* Derbi Merseyside telah menghasilkan 20 kartu merah di ajang Premier League.

Liverpool:
* Liverpool tidak terkalahkan dalam delapan laga kandang di ajang Premier League, meski sempat memetik hasil imbang 2-2 ketika melawan Aston Villa.
* Luis Suarez membutuhkan tambahan satu gol untuk menyamai rekornya dengan 23 gol pada musim 2012/13.    
* Steven Gerrard telah menjaringkan tujuh gol ketika melawan Everton di laga Premier League. Gol-gol itu ia cetak ketika ia bertanding dalam derbi Merseyside.

Everton:
* The Toffees tidak terkalahkan dalam tujuh laga kandang di ajang Premier League, dengan torehan tiga kali menang, dan empat kali imbang.
* Mereka telah memasukkan sebanyak 11 gol dalam laga tandang, jumlah ini sedikit sekali dicetak di Premier League.     
* Roberto Martinez akan mencapai rekor 100 kali kemenangan sebagai manajer.
* Romelu Lukaku telah mencetak empat gol di ajang Premier League ketika melawan Liverpool.
* Phil Jagielka akan mengukir rekor 200 kali tampil membela Everton di Premier League.

Komentar dua pelatih:

Brendan Rodgers (Liverpool):
"Kami harus berpikir bukan hanya untuk pertandingan besok malam tetapi untuk pertandingan beberapa pekan ke depan. Kedua tim sama-sama menghadapi situasi yang sulit, karena kedua tim bakal turun tidak dengan skuad terkuat mereka. Kedua tim terkendala oleh sejumlah pemain yang masih mengalami cedera."

"Kami harus menunggu dan melihat segala sesuatunya. Tentu tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Kami terus berusaha keluar dari belitan cedera sejumlah pemain."

"Saya mengatakan, tim manapun memerlukan sedikit keberuntungan ketika harus berhadapan dengan situasi yang menyulitkan seperti ini. Saya ingin menurunkan sejumlah pemain yang memang benar-benar siap. Saya ingin lebih memberi kesempatan kepada para pemain muda."

"Everton punya catatan rekor yang baik di lini pertahanan. Mereka mampu tampil stabil beberapa tahun belakangan ini, untuk itu kami perlu lebih meningkatkan kepercayaan diri dengan membenahi lini depan."

Roberto Martinez (Everton):
"Pertandingan ini bakal berlangsung sengit karena menentukan masa depan masing-masing tim. Saya tahu bahwa setiap fan dari masing-masing tim bakal berharap menerima warta positif dari hasil laga ini."

"Kami toh mampu mengalahkan tim manapun dan di manapun juga. Yang kami perlukan menghadapi laga besok (melawan Liverpool) yakni menjalin kombinasi permainan yang rapih. Kami berusaha tampil tanpa melakukan kesalahan sekecil apapun."

"Kami datang dan bertanding ke Anfield tidak dengan perasaan rendah diri. Kami tidak ingin berkecil hati. Kami juga berusaha meminimalkan kekeliruan."

Prakiraan susunan pemain:

Liverpool (4-4-2):

Mignolet (penjaga gawang), Cissokho, Skrtel, Toure, Flanagan, Coutinho, Gerrard, Henderson, Sterling, Suarez, Sturridge
Pemain cadangan:
Jones, Alberto, Ibe, Kelly, Sakho, Moses, Aspas

Everton (4-2-3-1):
Howard (penjaga gawang), Heitinga, Jagielka, Stones, Baines, Barry, McCarthy, Mirallas, Osman, Naismith, Lukaku
Pemain cadangan:
Robles, McGeady, Gueye, Hibbert, Vellos, Traore, Distin     

 Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Liverpool imbang dengan Everton (77,5 persen)
* Liverpool 2-1 Everton (17,84 persen)
* Liverpool 3-1 Everton (15,45 persen)
* Liverpool 2-0 Everton (12,45 persen)

Head to Head
Premier League (EPL)
23 Nov 2013     Everton 3 - Liverpool 3     
  5 May 2013     Liverpool 0 - Everton 0     
28 Okt 2012     Everton 2 - Liverpool 2     
13 Mar 2012     Liverpool 3 - Everton 0

FA Cup (FA)
14 Apr 2012     Liverpool 2 - Everton 1     

Lima laga terakhir:    

Liverpool
25 Jan 2014    Bournemouth 0 - Liverpool 2    FA
18 Jan 2014    Liverpool 2 - Aston Villa 2    EPL
12 Jan 2014    Stoke City 3 - Liverpool 5    EPL
5 Jan 2014    Liverpool 2 - Oldham Athletic 0    FA
1 Jan 2014    Liverpool 2 - Hull City 0    EPL

Everton
25 Jan 2014    Stevenage 0 - Everton 4    FA
20 Jan 2014    West Bromwich Albion 1 - Everton 1    EPL
11 Jan 2014    Everton 2 - Norwich City 0    EPL
4 Jan 2014    Everton 4 - QPR 0    FA
1 Jan 2014    Stoke City 1 - Everton 1    EPL

Narasi prediksi:
* Laga bakal berlangsung seru dengan jual beli serangan. Kedua tim sama-sama bertanding untuk meraih kebanggaan sebagai kampiun derbi Merseyside. Finis di empat besar klasemen Premier League memotivasi kedua tim dalam laga di Anfield kali ini.
* Kedua tim sama-sama terusik dengan masalah cedera pemain, meski kedua tim sama-sama sedang berada dalam kondisi siap tempur.
* Penampilan Luis Suarez dan Daniel Sturridge menjadi faktor pembeda dalam pertandingan ini. Everton tidak diperkuat oleh gelandang andalan mereka, Ross Barkley.
* Lini pertahanan Everton bakal kerepotan menghalau serangan bertubi-tubi barisan depan Liverpool. Mencetak gol bukan hal yang menyulitkan bagi Liverpool, meski skuad asuhan Rodgers ini kurang kokoh melapis pertahanan.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
Liverpool: 2
Everton: 1

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2014