Jakarta (ANTARA) - Ikatan Motor Indonesia (IMI) mengemukakan ajang balap motor dan mobil trek lurus Pertamax Turbo Drag Fest 2024 menjadi momentum untuk menghidupkan kembali kelas balap 402 meter di tanah air.

"Untuk kelas yang dipertandingkan, kami fokus untuk 402 meter baik mobil maupun motor. Ini momentum menghidupkan kelas ini yang mulai ditinggalkan dalam ajang drag race," ujar Wakil Ketua Umum Bidang Mobilitas IMI Rifat Sungkar selaku mitra Pertamina yang menyelenggarakan ajang balap tersebut dalam konferensi pers di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan, kelas balap trek lurus yang banyak diminati di Indonesia saat ini adalah 201 meter, namun roh sebenarnya dari drag race adalah 402 meter.

Balap drag 402 meter, kata dia, kian ditinggalkan dalam ajang balap karena banyak lokasi yang tidak memungkinkan.

"Untuk itu kami kembalikan kelas 402 meter ini tetapi tidak melupakan timing system yang dipakai, kan ada reaction time 1000 fit, 300 meter dan lain-lain," ujarnya.

IMI sebagai mitra PT Pertamina Pata Niaga akan menggelar ajang Pertamax Turbo Drag Fest 2024 sebanyak tiga kali di dua tempat yaitu di Lapangan Terbang Cicangkal, Bogor pada 13-14 Juli dan 17-18 Agustus, serta di Lapangan Udara Wiriadinata, Tasikmalaya, pada 27-28 Juli.

Balap drag akan dibagi dalam dua jenis yaitu drag race untuk roda empat dan drag bike untuk roda dua dengan melombakan sebanyak 10 kelas.

Peserta dibagi dalam peserta umum atau kelas non-seeded dan kelas seeded yang merupakan kelas pembalap yang masuk dalam daftar pembalap berprestasi di Pengurus Pusat IMI.

Ajang balap tersebut juga menjadi rangkaian dalam menyambut Pertamina Grand Prix of lndonesia 2024 pada September serta Pertamax Turbo WRT di FIA World Endurance Championship yang saat ini sedang berlangsung.

Peraih gelar juara, kata dia, akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan paket menonton ajang balap motor bergengsi MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Dalam ajang itu, sebagian besar pembalap akan menggunakan Pertamax Turbo untuk membuktikan performa bahan bakar tersebut bagi pendaraan balap ataupun untuk kendaraan yang membutuhkan BBM berkualitas tinggi, yang tetap ramah lingkungan.

Baca juga: Pertamina gelar ajang balap motor dan mobil terapkan sesi penyisihan

Baca juga: IMI tambah kelas baru balap motor Pertamina MRS untuk U-15

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2024