Kediri (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meminta pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar berani kreatif serta menciptakan inovasi baru sehingga usahanya berkembang.

Sandiaga yang hadir dalam acara workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) di Kediri, Jawa Timur, Sabtu malam, mengungkapkan bahwa potensi Kota Kediri besar. Kota ini terkenal dengan kuliner, kriya, dan fesyennya, sehingga dinilai memiliki potensi ekonomi kreatif yang sangat besar.

"Diperlukan kreativitas dan inovasi pelaku ekonomi kreatif dalam menjangkau pasar yang lebih luas dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini," katanya.

Menurut dia, dengan inovasi dan digitalisasi, para pelaku ekonomi kreatif diyakini mampu menjadi tulang punggung perekonomian daerah, sekaligus menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat.

Dia juga menyampaikan kiat sukses dalam mengembangkan usaha, di antaranya membangun jejaring yang tidak hanya dengan sesama pelaku UMKM, pemerintah atau pihak swasta, tetapi juga membangun jejaring melalui media digital dengan memanfaatkan teknologi informasi, seperti media sosial hingga market place, para UMKM dapat memperluas jejaring hingga jangkauan pemasaran.

Baca juga: Menparekraf bersama Kadin ajak UMKM perkuat ekonomi kreatif

Terlebih lagi, di Kediri saat ini juga sudah dibangun bandara kelas internasional sehingga potensi untuk mengembangkan UMKM juga lebih besar. Peluang usaha juga semakin terbuka lebar.

"Kota Kediri memiliki potensi ekonomi kreatif yang besar, khususnya pada subsektor kuliner, kriya, dan fesyen," kata dia.

Melalui program KaTa Kreatif, Sandiaga Uno berharap tercipta kolaborasi antara pelaku usaha dengan seluruh stakeholder, sehingga subsektor unggulan Kota Kediri dapat mendorong pengembangan subsektor ekonomi kreatif lainnya.

"Dengan demikian, ekosistem semakin kuat, roda perekonomian bergerak, lapangan kerja tercipta. Ekonomi kreatif menjadi tulang punggung perekonomian daerah," kata dia.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Kediri Zanariah yang juga hadir di lokasi tersebut mengatakan bahwa dukungan pemerintah termasuk dari pusat untuk pengembangan UMKM sangat dibutuhkan.

Baca juga: Kemenparekraf terus kembangkan produk ekonomi kreatif Indonesia 

Di Kediri, kata dia, ada beberapa komoditas yang sudah ekspor termasuk ikan cupang. Namun, dia berharap akan semakin banyak usaha kreatif lainnya yang bisa menembus pasar nasional bahkan internasional.

"Terima kasih sudah berkenan hadir di Kediri untuk mendorong pelaku UMKM. Pemkot juga tidak henti-hentinya mendampingi UMKM. Negara hadir, tetapi memang harus ada mental baja. Itu yang kami tekankan kepada pelaku usaha," ujarnya.

Kegiatan tersebut dihadiri sekitar 150 pelaku usaha ekonomi kreatif. Kota Kediri merupakan lokasi ketujuh dari rangkaian program Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia tahun 2024.

Workshop ini merupakan bentuk aktivasi kegiatan dengan memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif dalam mengembangkan ide kreatif dan inovatif, sehingga memiliki nilai tambah dari produk-produknya.

Baca juga: Sandiaga Uno: Ekonomi kreatif bisa jadi penopang Indonesia Emas 2045

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kota Kediri Zachrie Ahmad, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Hariyanto, Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Oneng Setya Harini, dan tamu undangan lainnya.

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024