Jakarta (ANTARA) - Pembalap McLaren Lando Norris merebut posisi pole Grand Prix Spanyol setelah memenangkan balapan kualifikasi sengit atas pemimpin klasemen Max Verstappen (Red Bull) dan juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton (Mercedes), Sabtu.

Pada sesi kualifikasi yang digelar di Sirkuit Barcelona-Catalunya tersebut, Norris unggul tipis 0,020 detik dari Verstappen, dan memiliki margin 0,318 detik dari Hamilton.

Pada Q1, Charles Leclerc (Ferrari) memulai dengan percaya diri dan segera memimpin di depan Verstappen, Norris, Carlos Sainz (Ferrari) dan George Russell (Mercedes). Namun, keunggulan itu tidak berlangsung lama ketika Hamilton dengan mobil W15 yang telah diperbarui, dapat segera menyalip Leclerc dan memuncaki klasemen Q1.

Pada Q2, Verstappen yang pada Q1 berada di posisi ketiga, segera merebut posisi terdepan dengan catatan waktu tercepat 1 menit 11.653 detik di depan Norris, Sainz, Oscar Piastri (McLaren), dan Leclerc.

Baca juga: Norris dan Hamilton tercepat di hari pertama F1 GP Spanyol

Tak membutuhkan waktu lama bagi Hamilton untuk merebut posisi P2 setelah ia mengganti ban dengan ban lunak, dan hanya terlampau tipis di belakang Verstappen.

Balapan Q2 semakin seru setelah para pesaing kuat lainnya seperti Fernando Alonso (Aston Martin) dan Valtteri Bottas (Kick Sauber) harus tersingkir.

Pada Q3 yang menyisakan 10 pembalap tercepat, berlangsung lebih sengit dan Verstappen masih belum tergeser dari posisi terdepan.

Norris, Hamilton, Russell, dan Sainz, semuanya hanya terpaut kurang dari 0,3 detik dari sang pemimpin balapan. Namun, Norris yang saat itu hanya memiliki selisih waktu 0,123 detik, dapat memanfaatkan celah dan merebut pole dari Verstappen, sekaligus menandai pole keduanya sejauh ini.

Adapun daftar 10 besar dihuni oleh Norris, Verstappen, Hamilton, Russell, Leclerc, Sainz, Pierre Gasly (Alpine), Sergio Perez (Red Bull), Esteban Ocon (Alpine), dan Piastri.

Sementara itu, balapan utama GP Spanyol bakal bergulir pada Minggu (23/6) pukul 20.00 WIB.

Baca juga: Hattrick kemenangan di Kanada, Verstappen: Itu balapan yang cukup gila
Baca juga: Norris sebut P2 di Kanada adalah akhir pekan yang baik bagi McLaren


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2024