Jakarta (ANTARA) - Mantan Menteri Negara Pendayagunaan BUMN Tanri Abeng yang meninggal dunia pada Minggu dini hari pukul 02.36 WIB akan dimakamkan setelah waktu shalat zuhur.

"InshaAllah akan dimakamkan bada zuhur di Tanri Abeng University Jalan Swadarma Raya No.58," seperti yang tertera di papan pengumuman yang dibuat keluarga di rumah duka, Jakarta, Minggu.

Berdasarkan pantauan ANTARA hingga pukul 10.20 WIB, beberapa pelayat sudah mulai berdatangan ke rumah duka seperti mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad Al-Haddar, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, serta Wakil Presiden RI Ke-10 dan 12 Jusuf Kalla.

Mantan Kepala BIN Hendropriyono mengatakan Tanri Abeng merupakan sosok yang memiliki pemikiran futuristik, dan brilian. Menurut dia pemikirannya banyak memberikan kontribusi bagi pemajuan ekonomi nasional.

"Beliau semasa hidup adalah sahabat saya sama-sama di kabinet dulu. Beliau menteri BUMN, dan saya lihat pandangannya ke depan itu sangat bagus karena memang seorang futuristik yang brilian," kata dia.

Sementara itu, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad Al-Haddar mengatakan Tanri Abeng merupakan sosok yang mementingkan pendidikan, serta berkeinginan tinggi untuk mengembangkan ekosistem perusahaan milik negara agar lebih baik.

"Pendidikan itu merupakan dasar daripada segala-galanya. Maka beliau bikin pendidikan, dorong pendidikan, di mana-mana beliau terlibat. Saya selalu perhatikan, beliau menyuruh kita untuk menyiapkan sumber daya manusia," katanya.

Selain itu, sudah ada puluhan karangan bunga yang tersusun di depan rumah duka Tanri Abeng, di antaranya yakni dari Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Anggota DPR RI Sumarjaya Linggih, serta Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati.

Sebelumnya Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebutkan Tanri Abeng sebagai sosok yang berjasa besar untuk pembangunan Indonesia.

"Innalillahi wainna ilaihi rajiun. Berduka yang dalam atas wafatnya Menteri BUMN pertama, Pak Tanri Abeng. Sosok yang berjasa besar untuk negeri ini," ujar Erick dikutip dari laman Instagram resmi @erickthohir di Jakarta, Minggu.

Erick menyampaikan ucapan duka dan berharap mendiang Tanri Abeng mendapat tempat terbaik dan keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran.

"Semoga almarhum mendapatkan tempat yang lapang di sisi Allah SWT, dan segenap keluarga serta kerabat yang ditinggalkan diberi kesabaran," katanya.

Baca juga: Tanri Abeng, Menteri BUMN era Soeharto yang wafat hari ini
Baca juga: Erick Thohir sebut Tanri Abeng berjasa besar untuk Indonesia
Baca juga: Mantan Menteri BUMN Tanri Abeng meninggal dunia

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2024