Jakarta (ANTARA) - Berikut rangkuman berita humaniora populer sepekan di Indonesia, mulai dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), hingga pelantikan Pj Gubernur Sumatera Selatan menjadi Pj Gubernur Sumatera Utara.


1) Kebakaran hutan terjadi lagi di Bromo, kini di area Gunung Batok

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dilaporkan kembali terjadi di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), atau tepatnya di Gunung Batok yang masuk wilayah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS Septi Eka Wardhani mengatakan kebakaran di Gunung Batok dilaporkan pertama kali terjadi pada Sabtu (22/6) kurang lebih pukul 03.30 WIB.

Simak selengkapnya di sini:


2) Kapal diterjang ombak di Labuan Bajo, nakhoda kapal terjatuh ke laut

Tim pencarian dan penyelamatan (SAR) gabungan mengevakuasi seorang nakhoda kapal wisata jenis open deck yang mengalami luka usai terjatuh di perairan selatan Pulau Padar, kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Pos SAR Manggarai Barat mengatakan
Nakhoda kapal bernama Hancur Karena Hobi 02 mengalami luka di kaki.

Simak selengkapnya di sini:


3) Mensos beri usaha dan tempat tinggal layak bagi pemulung di Menteng

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memberikan bantuan modal usaha dan tempat tinggal layak kepada para pemulung di Jalan Sukabumi, Menteng, Jakarta Pusat.

Kementerian Sosial mencatat sebanyak 12 orang pemulung dari berbagai daerah seperti Sukabumi hingga Manado mendapatkan bantuan modal usaha dan tempat tinggal layak.

Simak selengkapnya di sini:


4) Wapres usul bansos dicabut bila penerimanya gunakan untuk berjudi

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengusulkan agar penerima dana bantuan sosial (bansos) yang kemudian menyalahgunakannya untuk berjudi agar dicabut dari daftar penerima bansos.

"Kalau penerima bansos, bansosnya dipergunakan untuk judi, nah itu dicabut itu. Usul supaya jangan sampai dia, ada orang-orang nanti menggunakan bansos pakai berjudi," kata Wapres Ma'ruf Amin.

Simak selengkapnya di sini:


5) Agus Fatoni dilantik jadi Pj Gubernur Sumut 24 Juni 2024

Penjabat Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni akan dilantik menjadi Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Sumut) pada 24 Juni 2024 di Jakarta.

Kepala Biro Otonomi Daerah (Otda) Setda Sumsel Sri Sulastri mengatakan Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni akan menggantikan Pj Gubernur Sumut Hassanudin.

Sedangkan, Pj Gubernur Sumsel yang akan dilantik adalah Staf Ahli Bidang Regulasi, Penegakan Hukum, dan Ketahanan Ekonomi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Elen Setiadi.

Simak selengkapnya di sini:

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Riza Mulyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024