Jakarta (ANTARA) - Antstream menjadi aplikasi layanan cloud gaming pertama yang rilis di toko aplikasi App Store milik Apple yang berfokus pada katalog koleksi gim-gim retro.

Dilansir dari The Verge pada Minggu, aplikasi yang sebelumnya rilis di sejumlah platform seperti Xbox, Windows, Android, dan perangkat Amazon ini menyediakan 1.300 koleksi gim retro yang bisa dimainkan secara daring tanpa harus memasang gim-nya terlebih dahulu di perangkat.

Karena menghadirkan layanan cloud gaming, Antstream berbeda dengan aplikasi emulator gim di perangkat Apple seperti Delta, RetroArch, dan PPSSPP dimana aplikasi tersebut masih harus membutuhkan salinan digital dari gim yang ingin dimainkan.

Baca juga: Apple izinkan aplikasi emulator gim tersedia di App Store

Baca juga: Apple Arkade dapat pembaruan game, termasuk game klasik seluler


Beberapa gim keluaran lama yang dihadirkan dalam aplikasi Antstream antara lain "Missile Command", "Sam & Max Hit the Road", "Asteroids", dan "Super Star Wars: Return of the Jedi".

Antstream menampilkan koleksi judul-judul gim retro yang berlisensi secara legal sehingga pengguna tidak perlu melewati proses rumit dalam mengunduh gim secara resmi atau mengunduhnya di situs ilegal.

Aplikasi tersebut memiliki ratusan koleksi gim dari konsol-konsol klasik seperti Commodore 64, ZX Spectrum, dan Commodore Amiga. Selain itu, juga ada 28 gim dari konsol Atari 2600, 5 gim dari Game Boy, 2 gim dari PlayStation, dan 42 gim dari Super Nintendo.

Dalam rangka peluncurannya di Apple App Store pada 27 Juni mendatang, Antstream menawarkan potongan harga menjadi 3,99 dolar AS (sekitar Rp65 ribu) per bulan atau 29,99 dolar AS (sekitar Rp494 ribu) per tahun, sedikit lebih murah daripada harga normal yakni 4,99 dolar AS (sekitar Rp82 ribu) per bulan atau 39,99 dolar AS (sekitar Rp658 ribu) per tahun.

Baca juga: Apple sebut "Fortnite" ingin buat toko game dalam App Store

Baca juga: Apple hapus 2.500 game dari App Store China

Baca juga: Jam City luncurkan game Harry Potter: Hogwarts Mystery di App Store dan Google Play

 

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2024