Jakarta (ANTARA) - Penyelenggara Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024 memenuhi kebutuhan hidrasi dan mineral sebanyak 15.000 peserta demi menyukseskan pelaksanaan kegiatan internasional itu.
 
"Kami telah menyiapkan water station di 20 titik sesuai standar Internasional," kata Race Director JAKIM 2024, Satrio Guardian di Jakarta, Minggu.
 
Satrio  menyampaikan panitia telah berupaya maksimal memenuhi standardisasi internasional. Salah satunya tersedianya air mineral berkualitas.
 
"Peserta tidak perlu khawatir karena kami telah berkolaborasi dengan salah satu produsen air minum kemasan," tambahnya.
 
Dia menilai minuman dengan kandungan mineral  mampu membantu mengatur suhu tubuh pelari agar tetap stabil dan juga berfungsi menyalurkan oksigen ke berbagai jaringan tubuh.
 
Apabila transfer oksigen terhambat, pelari akan mengalami pusing saat mengalami kekurangan cairan dan mineral terutama saat kepanasan saat berlari.
 
"Sebagai ajang bergengsi yang telah diakui oleh badan atletik dunia dan mendapatkan predikat World Athletics Label Road Races, tentunya kami juga perlu melakukan seleksi yang ketat dalam pemilihan air mineral untuk para pelari," ujarnya.
 
Terlebih, air kemasan itu merupakan satu-satunya Air Mineral Dalam Kemasan (AMDK) yang secara jelas mencantumkan jumlah kandungan mineral di kemasannya.
 
Sementara, Head of Public Relations and Digital Le Minerale Yuna Eka Kristina berterima kasih atas kepercayaannya panitia JAKIM 2024, sehingga terpilih menjadi penyedia air mineral resmi pada perhelatan ini.
 
"Semoga dengan kehadiran kami diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan mineral tubuh serta mendukung performa para pelari, hingga membantu rekondisi fisik para atlet," ujar Yuna.
 
Senada, salah satu peserta JAKIM 2024 Denny Nurjaya mengatakan pelaksanaan Jakarta Internasional Marathon kali ini terbilang baik lantaran memenuhi kebutuhan para peserta.
 
"Penempatan water station yang tersedia sudah tepat dengan kebutuhan para pelari, di saat butuh air mineral untuk mengembalikan kebugaran tubuh," ucap Denny.
 
JAKIM 2024 terbagi tiga kategori yang dilombakan, yakni Marathon (42,195K) yang dimulai pukul 04.00 WIB, Half Marathon (21,0975K) mulai pukul 05.15 WIB, dan 10K pada pukul 06.15 WIB.
 
Adapun JAKIM 2024 dipusatkan di sekitar Silang Barat Laut Monas dan titik akhir (finish) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan.
Baca juga: Pelari Kenya raih posisi terbaik di Jakarta International Marathon
Baca juga: Heru sebut JAKIM sukses atas partisiapsi semua lapisan masyarakat
Baca juga: Polisi jaga ketat Jakarta International Marathon 2024

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2024