Manado (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga terkait potensi cuaca ekstrem pada sejumlah wilayah kabupaten dan kota di Sulawesi Utara (Sulut).
 
"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 26 Juni 2024," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben A Molle di Manado, Minggu.
 
Dia menyebutkan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah kabupaten dan kota di provinsi tersebut.

Baca juga: Evakuasi warga terisolir akibat banjir Parigi Moutong terus dilakukan
 
Karena itu dia berharap warga berhati-hati dan waspada terhadap ancaman bahaya banjir, tanah longsor, serta pohon tumbang, ketika beraktivitas saat cuaca ekstrem.
 
"BMKG akan memutakhirkan data dan informasi cuaca ekstrem melalui kanal-kanal yang telah terverifikasi," ujarnya.
 
Dia menjelaskan pada 24 Juni cuaca ekstrem berpotensi terjadi di wilayah Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Baca juga: BMKG: Waspada angin & gelombang saat melintas di perairan Pulau Padar
 
Kemudian pada 25 Juni kondisi cuaca serupa diperkirakan terjadi di wilayah Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.
 
Sementara pada 26 Juni cuaca ekstrem berpeluang terjadi di wilayah Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Kepulauan Sitaro, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Baca juga: BMKG ingatkan 12 provinsi waspada dampak hujan deras

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2024