Jakarta (ANTARA) - UEFA akan meningkatkan keamanan sepanjang sisa jalannya Piala Eropa 2024 setelah beberapa penyusup lapangan berusaha untuk melakukan swafoto dengan bintang Portugal Cristiano Ronaldo.

Ronaldo sempat berfoto dengan seorang anak muda saat timnya menang 3-0 atas Turki pada pertandingan Grup F yang dimainkan di Dortmund pada Sabtu (22/6). Namun setelah itu setidaknya lima orang penggemar lainnya berusaha untuk melakukan hal serupa.

“Keselamatan dan keamanan di stadion, di lapangan, dan fasilitas-fasilitas tim merupakan prioritas utama untuk UEFA,” demikian pernyataan UEFA kepada AFP.

“Sampai akhir (ajang) ini, pendekatan keselamatan tambahan akan diterapkan di stadion-stadion untuk memenuhi kebutuhan turnamen, dan untuk mencegah insiden-insiden serupa,” tambahnya.

 

Seorang petugas keamanan terjatuh menimpa penyerang PSG Goncalo Ramos, saat berusaha mengejar penyusup lapangan yang berlari ke arah Ronaldo.

Pelatih Portugal Roberto Martinez mengatakan merupakan suatu keberuntungan bahwa para penggemar yang berlari di lapangan hanya berusaha untuk mengambil foto.

“Itu layak mendapat perhatian karena hari ini kami beruntung niat para penggemar bagus,” kata Martinez

“Itu akan menjadi momen yang sangat sulit jika niat-niat mereka keliru… Mungkin kami semestinya memberi pesan kepada para penggemar bahwa hal itu bukan merupakan sesuatu yang benar,” tambahnya.

UEFA mengatakan para penonton yang memasuki lapangan permainan akan dikeluarkan dari stadion, dilarang menyaksikan pertandingan-pertandingan berikutnya, dan menghadapi tuntutan kriminal karena melakukan aksi penerobosan.

Portugal lolos ke 16 besar sebagai juara Grup F setelah menang atas Turki.

Baca juga: Ronaldo dan Pepe berpeluang pecahkan rekor pencetak gol tertua
Baca juga: Jerman, Spanyol dan Portugal negara yang pastikan lolos ke 16 besar

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024