Jakarta (ANTARA) - Espanyol mengamankan tiket promosi ke strata tertinggi Liga Spanyol untuk musim 2024/2025 pada Minggu setempat atau Senin dini hari WIB, dengan kemenangan 2-0 di pertandingan playoff kedua atas Real Oviedo pada final playoff promosi.

Javi Puado mencetak dua gol pada fase akhir babak pertama di Stage Front Stadium untuk membawa klubnya menang agregat 2-1, serta mengembalikan klub masa kecilnya itu ke strata tertinggi.

Hasil itu membawa Espanyol, yang finis di posisi keempat di klasemen akhir musim lalu, segera kembali ke divisi teratas setelah hanya satu musim berada di strata kedua.

Ini merupakan kedua kalinya klub asal Barcelona itu naik ke divisi teratas setelah sempat terdegradasi pada 2020. Sebelumnya mereka terakhir kali terdegradasi pada 1994.

Puado mampu lolos dari pengawalnya saat situasi tendangan sudut untuk menyambut bola dan melesakkan sepakan kaki kanan yang tidak dapat diantisipasi kiper Oviedo, Leo Roman, untuk mengubah skor menjadi imbang agregat 1-1 pada menit ke-44.

Pemain 26 tahun itu kemudian kembali mencetak gol tiga menit kemudian untuk mengamankan kemenangan timnya. Ia menyambut bola kiriman Pere Milla di dalam kotak penalti untuk dikonversi menjadi gol kedua.

Oviedo memenangi leg pertama playoff dengan skor 1-0 di kandang mereka pada Minggu (16/6) lalu. Namun setelah kekalahan di Katalunya, penantian mereka untuk kembali ke strata tertinggi sejak musim 2000/2001 akan harus dilanjutkan.
Baca juga: LaLiga umumkan jadwal musim 2024/25, El Clasico pertama 27 Oktober
Baca juga: Ancelotti: Real Madrid tidak akan main di Piala Dunia Antarklub 2025
Baca juga: Joan Capdevila sebut debut di Espanyol jadi laga paling berkesan


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2024