Jakarta (ANTARA/JACX)- Sejumlah berita unggulan terkini yang menarik untuk disimak, mulai dari keamanan Piala Eropa akan ditingkatkan akibat penyusup lapangan, hingga Kemenkumham sebut kasus peserta UTBK copot ABD menjadi perhatian. Berikut ini rangkuman beritanya.

1. Keamanan Piala Eropa akan ditingkatkan akibat penyusup lapangan

UEFA akan meningkatkan keamanan sepanjang sisa jalannya Piala Eropa 2024 setelah beberapa penyusup lapangan berusaha untuk melakukan swafoto dengan bintang Portugal Cristiano Ronaldo.

Ronaldo sempat berfoto dengan seorang anak muda saat timnya menang 3-0 atas Turki pada pertandingan Grup F yang dimainkan di Dortmund pada Sabtu (22/6). Namun setelah itu setidaknya lima orang penggemar lainnya berusaha untuk melakukan hal serupa. Simak lebgkapnya di sini


2. Kemenkumham sebut kasus peserta UTBK copot ABD menjadi perhatian

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mengatakan bahwa kasus peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) penyandang disabilitas yang mencopot alat bantu dengar (ABD) menjadi perhatian pihaknya. Simak lengkapnya di sini


3. Observatorium Bosscha ITB buka kunjungan malam setelah vakum 4 tahun

Observatorium Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali membuka kunjungan pada malam hari untuk publik setelah sempat vakum selama empat tahun akibat pandemi COVID-19.

Peneliti Observatorium Bosscha ITB Yatny Yulianti menyampaikan, pada kunjungan malam tersebut pihaknya membuka kuota sebanyak 100 orang untuk satu kali kunjungan yang dibuka pada tanggal-tanggal tertentu di bulan Juni hingga Agustus 2024. Simak lengkapnya di sini. 


4. Film Korea "My Annoying Brother" hadirkan adaptasi versi Indonesia

CJ ENM, Lifelike Pictures, dan BASE Entertainment berkolaborasi dalam proyek adaptasi versi Indonesia dari film Korea populer bertajuk "My Annoying Brother" yang direncanakan akan tayang di bioskop pada tahun ini.

Film bergenre drama keluarga ini telah memulai proses syutingnya sejak 13 Juni 2024 lalu dan disutradarai oleh Dinna Jasanti. Skenarionya diadaptasi oleh Sheila Timothy, Deliesza Tamara, dan Tumpal Tampubolon, serta diproduseri oleh Sheila Timothy, Justin Kim, dan Aoura Lovenson Chandra. Simak lengkapnya di sini


5. Ketua Panja BPIH sebut Kemenag langgar aturan pembagian kuota haji

Ketua Panitia Kerja (Panja) Komisi VIII DPR RI mengenai Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 1445 H/2024 Abdul Wachid, menegaskan Kemenag melanggar kesepakatan dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI, dan juga Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 6 Tahun 2024.

Ia menjelaskan bahwa mulanya kuota haji Indonesia pada 2024 dari Arab Saudi adalah 221.000 jemaah. Namun, pada Oktober 2023, Indonesia mendapatkan alokasi kuota tambahan sebanyak 20.000 jemaah, sehingga total alokasi kuota haji Indonesia bertambah menjadi 241.000 ribu jemaah. Simak lengkapnya di sini
 

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
COPYRIGHT © ANTARA 2024