Paser, Kaltim (ANTARA) - Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur (Dishut Kaltim) melatih kader masyarakat peduli api (MPA) dalam mengukur kemampuan sejauh mana tingkat rambatan api ketika terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Para kader atau pasukan pemadam kebakaran yang tergabung di MPA ini tersebar di desa-desa, sehingga mereka lebih dekat dengan kemungkinan adanya Karhutla," kata Kepala UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Telake Dishut Kaltim Shahar Al Haqq di Kabupaten Paser, Senin. Keberadaan mereka yang sebagai ujung tombak dalam deteksi hingga penanganan Karhutla ini perlu mendapat perhatian, salah satu bentuk perhatian yang dilakukan pihaknya adalah dengan melatih kemampuan mereka baik secara individu maupun kelompok.

Pelatihan tersebut digelar selama lima hari pada 18-22 Juni 2024 dengan tema "Peningkatan Kemampuan MPA, Melalui Bimbingan Teknis Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan" dipusatkan di Desa Kasungai, Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Paser. "Ada empat Kelompok MPA yang dilatih selama lima hari tersebut yaitu MPA Desa Sungai Terik, Desa Kasungai, Desa Batu Butok, dan MPA Desa Busui," kata Sahar.

Sedangkan sejumlah materi yang disampaikan adalah penguatan deteksi dini Karhutla pada kecepatan respon, teknik menemukan titik panas secara cepat dan tepat. Kemudian materi tentang kepatrolian dan membaca tanda-tanda alam, kecermatan pengendalian karhutla, dan materi penguatan kelembagaan MPA sebagai tulang punggung pengendali karhutla di desa.

Baca juga: Hujan buatan disebar di Riau hingga awal Juli cegah karhutla "Setiap kemampuan kader tersebut sangat perlu dipersiapkan sedini mungkin guna mencapai hasil sesuai dengan yang diharapkan, yaitu tidak adanya kebakaran hutan dan lahan. Kalaupun ada, mereka dengan mudah mengendalikan," katanya.

Ia juga mengatakan bahwa kemampuan pasukan pengendali karhutla yang disiapkan sejak dini di sekitar kawasan hutan, dapat memberikan dampak pada menurunnya tingkat kebakaran hutan dan lahan. "Melalui pelatihan ini, maka pasukan pengendali karhutla tidak panik, tidak takut, dan tidak asal memadamkan api saat terjadi kebakaran, namun mereka tenang dalam memadamkan setelah mendapat pembekalan, termasuk sudah mampu mengukur tingkat rambatan api," katanya.

Baca juga: Kodim Kutim bersama tim gabungan rutin patroli cegah karhutla
Baca juga: Seluruh daerah diminta tetap siaga cegah kebakaran hutan pada 2024


Pewarta: M.Ghofar
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024