Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) menambah dua tempat pembuangan sampah berkonsep kurangi, gunakan kembali, dan daur ulang atau reduce, reuse, recycle (TPS 3R) pada 2025 untuk mengurangi volume sampah di wilayah itu. 

"Tahun depan, kita rencana dan anggarkan membuat dua TPS3R," kata Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan Mohamad Amin saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Amin menjelaskan, pihaknya berencana akan membangun TPS3R di kawasan Waduk Brigif, Jagakarsa dan Mampang.

Sementara, untuk TPS3R di Jakarta Selatan yang sudah beroperasi dan diharapkan terus berjalan yakni di kawasan Menteng Atas, Pesanggrahan dan Pasar Minggu.

Sementara itu, TPS3R di Kelurahan Pejaten Barat, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan dibangun pada 2023 dan baru saja diresmikan Jumat (16/2).

Baca juga: Pemkot Jaksel bangun TPS berkonsep 3R di Lokasi Binaan Pasar Minggu

TPS3R itu berkapasitas olah sampah 50 ton per hari.

"Yang di Menteng Atas dibangun oleh pemerintah tahun ini. Sementara yang berada di Kecamatan Pesanggrahan sudah jadi gedungnya, tinggal mesin dari PLN. Kalau yang di Jagakarsa sedang dibangun pihak ketiga melalui CSR," ujarnya.

Dia menyatakan pembangunan TPS3R sebenarnya tentatif tergantung pelaksana dan kondisi yang berbeda-beda.

Diharapkan dengan adanya pengoperasian TPS 3R maka semua limbah rumah tangga tidak dibuang begitu saja tetapi diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan membangun tempat pembuangan sampah berkonsep kurangi, gunakan kembali, dan daur ulang atau reduce, reuse, recycle (TPS 3R) di 44 kecamatan untuk mengurangi volume sampah.

Baca juga: Dinas LH DKI sosialisasikan pilah sampah sejak dari rumah

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyatakan sudah ada tujuh TPS3R yang dibangun 2023 dan pada 2024 rencana akan membangun empat.

Pada 2024 ini, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meresmikan TPS 3R di Ciracas, Jakarta Timur, Rawasari, Jakarta Pusat, dan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Pembangunan TPS3R tersebut menggunakan APBD 2023 sekitar Rp19 miliar.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2024