Jakarta (ANTARA News) - TNI AD akan membantu penanaman bibit untuk lahan pertanian yang rusak akibat dilanda banjir, kata Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Budiman.

"Kami siapkan rencana berapa lama kami harus rehab lahan pertanian, kapan mulai menyemaikan bibit setelah kami bisa perbaiki lahan," kata Jenderal TNI Budiman dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu.

Pihaknya telah menyiapkan sejumlah rencana terkait rehabilitasi pascabanjir di sejumlah daerah di Tanah Air, di antaranya dengan menyiapkan bibit untuk rehabilitasi lahan pertanian.

"Bibit yang harus kita semai harus sudah siap begitu intensitas hujan berkurang dan banjir sudah surut. Kita perbaiki lahannya, begitu siap, kita segera tanami," katanya.

Terkait hal itu, Kasad meminta jajaran panglima kodam (pangdam) untuk segera mempersiapkan persemaian bibit.

Pihaknya juga meminta jajaran pangdam untuk menyiapkan bibit-bibit pohon untuk ditanam di sejumlah daerah di Pulau Jawa dan Manado. Hal ini berguna untuk mengurangi penyebab banjir yang melanda daerah tersebut.

Sementara terkait hujan yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak Selasa (28/1) malam yang menyebabkan banjir di sejumlah wilayah, pihaknya tidak menerjunkan personel AD pada saat banjir sebelumnya yang melanda pada pertengahan Januari.

Meski demikian, bila kondisi di lapangan membutuhkan bantuan personel lebih banyak, pihaknya siap mengerahkan bantuan secara optimal yang didukung oleh satuan teritorial dan batalyon-batalyon.

Menurut dia, pada banjir yang melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada pertengahan Januari 2014, pihaknya mengerahkan tujuh ribu personel TNI di Jakarta, tiga ribu personel Kodam IV/Diponegoro di Manado, serta tiga ribu personel TNI yang dikerahkan di Jambi, Sumatera Selatan dan Tulang Bawang (Lampung).

(A064/M026)

Pewarta: Anita P Dewi
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2014