Munich, (ANTARA/PRNewswire)- Huawei Digital Power memamerkan solusi all-scenario FusionSolar Smart PV+ESS generasi terbaru di Intersolar Europe 2024. Di stan pameran ini, Huawei Digital Power menampilkan berbagai solusi mutakhir dan kisah sukses global di segmen utilitas, ESS, C&I, serta residensial.

Utilitas: Solusi Smart Renewable Energy Generator

Huawei telah mengembangkan Solusi Smart Renewable Energy Generator yang memiliki sistem PV, ESS, load, grid, dan manajemen agar listrik yang dihasilkan PV beralih dari grid following menjadi grid forming. Solusi ini mengatasi tantangan besar dalam pengembangan energi terbarukan, serta menjawab tantangan global, yakni meningkatkan integrasi grid dari sumber energi terbarukan, serta membangun sistem kelistrikan baru dengan 100% integrasi energi terbarukan dan aplikasinya.

Sejumlah teknologi inovatif kini digunakan untuk mengubah tegangan listrik, frekuensi, dan power angle demi mencapai yield yang lebih besar, integrasi lengkap, dan sistem kendali yang stabil. Maka, solusi ini telah diuji pada grid yang kuat dan lemah. Sementara, adaptabilitasnya telah teruji pada seluruh kondisi power grid. Di Red Sea Project di Arab Saudi, microgrid terbesar di dunia telah beroperasi dengan stabil selama lebih dari delapan bulan. Fasilitas ini memasok 100% energi terbarukan dengan sinergi PV+ESS untuk sebuah kota baru sehingga menjadi standar microgrid berkapasitas GW.

ESS: Cell-to-Grid Smart String & Grid Forming ESS Platform yang Baru

Huawei memilih teknologi string, dari inverter menuju ESS, yang memanfaatkan teknologi controllable power electronics demi mengatasi inkonsistensi dan kondisi baterai litium yang tidak menentu.

Solusi cell-to-grid Smart String & Grid-Forming ESS Platform yang baru memiliki fitur keamanan pada seluruh arsitektur, all-scenario grid forming, efektivitas biaya pada seluruh siklus, serta digitalisasi lengkap. Lebih lagi, platform ini dirancang dengan ekosistem terbuka dan mendukung pengembangan pembangkit listrik yang bermutu tinggi dan sehat pada seluruh siklus bersama mitra.

C&I: Solusi OASIS Terbaru

Saat transformasi energi berlangsung, sistem PV menghadirkan fitur yang menyuburkan lapisan tanah dan menjaga oase ekologi. Maka, ribuan industri bisa melakukan lompatan besar secara fleksibel dan beraneka ragam dari sisi oase energi. Hal tersebut juga membantu inovasi teknologi ribuan industri sehingga energi hijau dan listrik dapat sepenuhnya dipakai. Dengan sistem PV, sebuah perusahaan bisa menghasilkan listrik hijau yang mendukung beragam kegiatan bisnis. Dengan demikian, Huawei memperbarui solusi C&I Smart PV menjadi Solusi FusionSolar OASIS dengan konsep berikut:

  • "O" adalah solusi terpadu (one-stop): Didukung fitur terlengkap, Huawei menyediakan solusi tenaga surya terpadu.
  • "A" adalah varian nomor "4": Mencerminkan empat produk inti: inverter, optimizer, penyimpanan energi, dan alat pengisian daya EV.
  • "S" pertama adalah tenaga surya (solar) dan ESS: Sinar matahari merupakan sumber tenaga surya yang mendukung transisi energi di beragam industri.
  • "I" adalah teknologi pintar (intelligent): Solusi pintar mempermudah transisi yang dijalankan pemilik C&I menuju energi bersih dan manajemen smart energy.
  • "S" terakhir merujuk pada aspek keamanan (safety): Keamanan menjadi prioritas utama bagi produk C&I dan prinsip teknis di balik seluruh solusi tersebut.
Solusi Huawei FusionSolar C&I OASIS adalah solusi terpadu yang mengintegrasikan optimizer, inverter, ESSs dan charger agar beragam industri dapat beralih menuju perkembangan yang ramah lingkungan dan rendah karbon lewat fitur system-level active safety yang lebih baik untuk suplai energi hijau dan dukungan power grid. Tren FusionSolar untuk segmen C&I adalah "Ubiquitous Solar" dan " Ubiquitous ESS".

Keamanan produk sangat penting dalam segmen C&I. Maka, Huawei mengemukakan skenario keamanan produk yang inovatif, serta menghubungkan breakpoint dalam sistem keamanan. Misalnya, seri SUN5000 menghubungkan RSD ke AFCI demi melindungi properti sekaligus pekerja. Fitur proteksi AFCI berfungsi ketika RSD aktif. Di sisi lain, fitur ini dapat mewujudkan SSLD plus RSD yang menjaga keamanan perangkat dan pekerja.

Residensial: Rumah yang selalu bersinar

Dari rumah hingga masyarakat, solusi FusionSolar untuk residensial mempererat hubungan rumah dengan VPP agar mencapai kemandirian energi. Huawei Digital Power memperbarui solusi FusionSolar residensial hingga menjadi solusi one-fits-all yang mencakup optimizer, inverter, ESS, charger, SmartGuard, EMMA, management system, dan aplikasi. Satu solusi ini bisa dipakai untuk segala skenario, dan satu vendor mampu menyediakan semua produk dan kontak layanan yang memenuhi seluruh kebutuhan purnajual. Maka, solusi ini membantu setiap rumah tangga mencapai kemandirian energi dan mengubah pengalaman pengguna lewat fungsi yang semakin mudah, sistem keamanan terbaik, serta mutu unggulan.

Solusi ini menawarkan listrik yang dihasilkan secara efisien, sistem penyimpanan energi yang tahan lama, cadangan listrik untuk seluruh rumah, manajemen pintar, dan fitur active safety. Solusi ini mendukung manajemen energi di seluruh rumah yang meliputi pembangkit listrik hijau hingga konsumsi listrik pintar, mulai dari rumah nol karbon hingga masyarakat nol karbon, mulai dari kemandirian energi hingga Energy Internet.

Pada dekade berikutnya, teknologi Smart Renewable Energy Generator dapat menjadi pilihan ideal guna mempercepat perkembangan energi bersih. Huawei akan berkolaborasi dengan klien dan mitra untuk menangkap peluang yang dihadirkan transformasi teknologi dan mempercepat peran PV+ESS sebagai sumber energi utama.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024