Jakarta (ANTARA) -
Suku Dinas Sosial Jakarta Timur memberikan sejumlah bantuan bagi penyintas kebakaran di Jalan Manunggal Raya RT 09/RW 08 Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Senin.
 
Kebakaran terjadi di sebuah bengkel berikut rumah tinggal pada Minggu petang pukul 15.17 WIB.
 
Plh Kasudin Sosial Jakarta Timur Abdul Salam mengatakan ada tujuh jenis natura dan 15 kebutuhan sandang diberikan pada penyintas kebakaran ini.
 
Diantaranya beras dua kantong kemasan lima kilogram, mie instan dua dus, biskuit empat pak, enam kaleng ikan sarden, dua pak kecap, dua kemas minyak goreng, dan dua dus air mineral.
 
"Mudah-mudahan bantuan ini membantu mereka yang sedang terkena musibah kebakaran. Bantuan diberikan sesuai kebutuhan dan atas permohonan dari pihak kelurahan," kata Abdul Salam.
 
Selanjutnya matras dua lembar, kasur busa dua lembar, seragam sekolah, sepatu dan tas sekolah.
 
Plt Lurah Kelapa Dua Wetan Akhmad Bakri mengungkapkan pihaknya mengajukan permohonan bantuan sesaat setelah peristiwa kebakaran. Ini untuk meringankan mereka yang sedang terkena musibah.
 
"Terimakasih kepada Sudin Sosial Jakarta Timur yang telah memberikan bantuan untuk warga kami," ucapnya.
 
Phaknya juga menurunkan lima petugas PPSU untuk membantu membersihkan puing sisa kebakaran.
 
Sebelumnya, sebuah rumah berlantai dua yang dijadikan bengkel sepeda motor di Jalan Manunggal hangus terbakar pada Minggu (23/6).
 
Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan kebakaran yang menimpa rumah sekaligus bengkel sepeda motor ini bermula dari adanya kepulan asap tebal dari kamar di lantai dua.
 
"Dari keterangan pemilik rumah, api mulanya muncul dari kamar tengah di lantai dua. Dalam sekejap, api membesar dan membakar rumah tersebut. Kebakaran diduga karena arus pendek listrik," kata Gatot.
 
Untuk memadamkan kobaran api tersebut, Sudin Gulkarmat Jaktim mengerahkan 10 unit mobil pemadam dengan 50 personel untuk memadamkan api.
 
Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian ditaksir mencapai Rp200 juta.
Baca juga: Polisi periksa tujuh saksi terkait kebakaran di Jalan Semeru Raya
Baca juga: Lapak barang bekas di Cengkareng hangus terbakar
Baca juga: Garis polisi terpasang di TKP kebakaran di Jalan Semeru Raya

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2024