Jakarta (ANTARA) - Polisi menangkap terduga pelaku pembakaran sembilan rumah semi permanen berinisial AS di Jalan Semeru Raya Ujung No.10, RT 004/ RW 010 Grogol, Grogol Petamburan (Gropet), Jakarta Barat.

Penangkapan tersebut dilakukan setelah beberapa hari polisi memburu terduga pelaku AS hingga akhirnya ditangkap pada Minggu (23/6).

"Barusan Pak Kalpolsek Gropet memberikan informasi ke saya bahwa dari hasil pendalaman dan penyelidikan yang dilakukan Unit Reskrim Gropet, untuk terduga pelaku yang melakukan pembakaran rumah tersebut sudah kami tangkap," ungkap Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol M Syahduddi kepada wartawan di Jakarta pada Senin.

Syahduddi melanjutkan terduga pelaku AS mengaku sengaja memicu kebakaran yang terjadi pada Rabu (19/6) malam itu.

"Ya memang sudah diakui oleh terduga pelaku, karena memang sesaat setelah terjadinya kebakaran, kemudian penyidik melakukan serangkaian kegiatan observasi dan pendalaman, ada dugaan bahwa rumah tersebut sengaja dibakar," kata Syahduddi.

Setelah sempat melarikan diri, terduga pelaku berhasil ditangkap polisi.

"Sehingga dilakukan proses pendalaman dan memang saat kejadian itu kan pelaku menghilang dan melarikan diri, baru ketika dicari dan ditelusuri penyidik, berhasil diamankan, diinterogasi, dan yang bersangkutan mengakui bahwa rumah itu dibakar," pungkas Syahduddi.

Saat dikonfirmasi secara terpisah, Kanit Reskrim Polsek Grogol Petamburan AKP Muhammad Aprino Tamara menyebut  pelaku ditangkap di rumahnya di wilayah Grogol, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

"Inisialnya AS, ditangkap di rumahnya di wilayah Gropet," kata Aprino.

Diketahui, polisi memeriksa tujuh orang saksi terkait kebakaran tersebut. "Tujuh orang kita periksa saksi," ucap Kanit Reskrim Polsek Grogol Petamburan AKP Muhammad Aprino Tamara saat dihubungi di Jakarta, Jumat (21/6).

Ia menjelaskan pemeriksaan saksi tersebut dilakukan salah satunya berdasarkan informasi warga akan adanya bau bensin sebelum kebakaran terjadi.

Ia menyebutkan  tujuh orang saksi tersebut adalah warga yang awalnya melihat api berkobar dan mencium bau bensin sebelum kebakaran.

"Warga yang melihat api besar dan cium bau bensin," tambahnya.
Baca juga: Kebakaran hanguskan tujuh rumah di Grogol Petamburan
Baca juga: Polisi periksa tujuh saksi terkait kebakaran di Jalan Semeru Raya
Baca juga: Lapak barang bekas di Cengkareng hangus terbakar


Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2024