Garut, Jawa Barat (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa 6 magnitudo mengguncang Kepulauan Tanibar, Maluku, Senin, pukul 16.55 WIB.

Dalam peringatan dini yang diekspose melalui sistem aplikasi infoBMKG di Garut, Jawa Barat, Senin, disebutkan bahwa pusat gempa terletak di laut pada kedalaman 153 kilometer dengan koordinat 7.15 LS,130.02 BT, atau berjarak 170 kilometer dari arah barat laut Kabupaten Kepulauan Tanibar.

Getaran gempa juga dirasakan di Selu dan di timur laut Kabupaten Maluku Barat Daya yang berjarak 271 kilometer dari pusat gempa berdasarkan analisa sementara seismologis BMKG.

BMKG memastikan gempa itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Namun demikian masyarakat diimbau waspada seraya tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya sampai hasil analisa peristiwa menyeluruh dilaporkan oleh BMKG.

Hasil analisa tersebut bisa didapatkan masyarakat dengan cara mengakses aplikasi daring infoBMKG, media sosial infoBMKG, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

Baca juga: PVMBG catat 44 kali gempa embusan Gunung Ruang di Kepulauan Sitaro

Baca juga: BMKG: Aktivitas sesar Cugenang masih berlanjut timbulkan getaran gempa

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Riza Mulyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024