Bangli, Bali (ANTARA) -
Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) berupa traktor tangan roda dua kepada 20 kelompok tani yang ada di Kabupaten Bangli, Provinsi Bali pada Senin, untuk meningkatkan produksi beras.

"Pada era mekanisasi saat ini, ketersediaan alat dan mesin pertanian merupakan hal yang penting dan wajib diperhatikan karena terbukti mampu meningkatkan efisiensi kerja dibandingkan dengan pemanfaatan tenaga konvensional," kata Bupati Bangli saat menyerahkan traktor tangan kepada kelompok tani di Kantor Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Kabupaten Bangli.

"Alsintan juga mampu memotivasi ahli teknologi yang dapat menumbuhkan minat generasi muda untuk terjun ke dunia pertanian. Dimana penggunaan alat dan mesin pertanian (alsintan) esensial untuk mewujudkan kedaulatan pangan," tambah Sedana Arta.

Program bantuan alsintan merupakan salah satu bentuk intervensi langsung pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan petani, peningkatan nilai tambah dan daya saing usaha pertanian.
 
Dalam laporannya Kadis PKP Kabupaten Bangli, I Wayan Sarma menyampaikan bahwa sampai saat ini Kabupaten Bangli belum mampu memenuhi kebutuhan bahan pokok beras untuk konsumsi bagi seluruh masyarakatnya.

Maka dari itu, salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bangli untuk mengurangi kekurangan (defisit) beras adalah dengan optimalisasi pemanfaatan lahan atau yang dulu kita kenal dengan istilah intensifikasi.

Upaya optimalisasi pemanfaatan lahan ini perlu didukung oleh alat dan mesin pertanian pra panen khususnya traktor.
 
Kadis PKP Wayan Sarma berharap, dengan bantuan traktor ini bisa untuk memenuhi kebutuhan alat dan mesin pertanian untuk pengolahan tanah bagi petani dalam rangka peningkatan produksi melalui peningkatan indeks pertanaman.

Penerima bantuan traktor roda dua ini adalah petani yang tergabung dalam kelompok tani. Pengadaan traktor tersebut sepenuhnya bersumber dari APBN yaitu Direktorat Alat dan Mesin Pertanian Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian di Kementerian Pertanian tahun anggaran 2024.
​​​​​​
Adapun jumlah traktor roda dua yang diserahkan berjumlah 20 unit, didistribusikan untuk ke Kecamatan Bangli 8 unit, Kecamatan Susut 5 unit, Kecamatan Tembuku 4 unit dan Kecamatan Kintamani 3 unit.

Baca juga: Bupati: Produksi ikan di Bangli capai 45,5 persen produksi ikan Bali
Baca juga: Menyiasati defisit air untuk pertanian di Kaldera Gunung Batur Bali 
Baca juga: Pemkab Bangli adakan gerakan pangan murah

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2024