Tangerang (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang, Banten mendapatkan apresiasi dalam upaya dan komitmen peningkatan kualitas keanekaragaman konsumsi pangan kabupaten/kota tahun 2023 dari Badan Pangan Nasional (Bapanas).

Kepala DKP Kota Tangerang Muhdorun di Tangerang, Senin mengatakan apresiasi tersebut berdasarkan keputusan Kepala Badan Pangan Nasional nomor 53 Tahun 2024 tentang Penerimaan Apresiasi Capaian Skor Pola Pangan Harapan (PPH) terbaik 2023 kepada Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota.

"Apresiasi diberikan kepada empat provinsi dan 51 kabupaten/kota. Capaian skor PPH Kota Tangerang ialah 94,52," kata Muhdorun

Ia mengatakan penghargaan ini juga hasil kolaborasi bersama semua stakeholder terkait termasuk KWT dan PKK yang terus bergerak di lini bawah.

"Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras dari semua pihak, dari lini atas hingga masyarakat itu sendiri," ujarnya.

Baca juga: Kementan: Ada tiga program jaga ketahanan pangan saat perubahan iklim

Ia pun menjelaskan, upaya-upaya yang dilakukan DKP Kota Tangerang ialah memastikan masyarakat memiliki akses pangan yang cukup, merata dan terjangkau melalui berbagai program pelayanan.

Lalu memastikan masyarakat Kota Tangerang memperoleh pangan yang cukup, beragam, bergizi seimbang dan aman. Sehingga, masyarakat dapat hidup sehat, aktif dan produktif.

Namun secara program, DKP Kota Tangerang konsisten melakukan promosi, kampanye dan edukasi pangan bergizi aman ke masyarakat dan sekolah.

Kemudian melakukan pengawasan pangan yang belum atau sedang diperjualbelikan di pasar-pasar serta menghadirkan layanan uji laboratorium pangan gratis di pasar tradisional.

Ia pun berharap, dengan penghargaan atau apresiasi dari Bapanas ini dapat meningkatkan kinerja DKP Kota Tangerang dan stakeholder terkait lainnya untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pangan yang beredar di Kota Tangerang.

“Terlebih, memastikan konsumsi pangan masyarakat Kota Tangerang adalah yang terbaik, beragam dan bergizi seimbang. Sehingga, dari pangan yang bergizi dapat menciptakan masyarakat yang hidup sehat, aktif dan produktif,” katanya.

Baca juga: Bapanas berikan mobil laboratorium keliling kepada sejumlah daerah
Baca juga: Membangun ketahanan pangan dari pekarangan rumah

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024