Beijing (ANTARA) - Pakar fotogrametri dan penginderaan jauh Li Deren serta fisikawan benda terkondensasi Xue Qikun memenangkan penghargaan sains teknologi terbaik China untuk tahun 2023.

Li mendedikasikan karirnya untuk meningkatkan kemampuan Tiongkok dalam survei dan penginderaan jarak jauh untuk observasi Bumi. Dia terkenal karena keahliannya dalam bidang teknologi inti penentuan posisi dan pemetaan global dengan presisi tinggi melalui penginderaan jauh satelit.

Dia memecahkan masalah pemrosesan citra satelit penginderaan jauh dengan presisi tinggi, dan memimpin timnya mengembangkan sistem pengukuran melalui udara dan darat yang sepenuhnya otomatis dan berpresisi tinggi.

Hal itu memberikan kontribusi luar biasa pada pembangunan sistem observasi Bumi dengan presisi tinggi dan resolusi tinggi di China.

Xue adalah seorang ilmuwan terkemuka fisika benda terkondensasi, yang telah menorehkan banyak terobosan ilmiah.

Timnya melakukan pengamatan eksperimental pertama terhadap efek Hall anomali kuantum. Mereka juga menemukan superkonduktivitas suhu tinggi dengan peningkatan antarmuka dalam sistem heterostruktur, yang membuka arah penelitian baru di bidang superkonduktivitas suhu tinggi.

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2024