Jakarta (ANTARA) - Pembalap Marco Bezzecchi resmi menjalani kontrak multi-tahun bersama Aprilia Racing mulai musim 2025, demikian pengumuman tim pada Senin.

Dikutip dari keterangan resmi, Bezzecchi, yang hengkang dari Pertamina Enduro VR46, akan menjalani setidaknya dua musim bersama tim pabrikan dan rekan satu timnya mendatang, pemimpin klasemen sementara musim ini, Jorge Martin (Prima Pramac).

“Kami tidak sabar untuk menyambut Bezzecchi di Noale — motor Italia dengan pembalap Italia pasti akan sangat seru, terlebih, ia akan menjadi rekan satu tim Jorge (Martin),” kata CEO Aprilia Racing Massimo Rivola.

“Kami sangat senang dengan susunan pembalap kami untuk tahun 2025. Martín dan Bezzecchi adalah pilihan pertama kami karena usia, bakat, dan tekad mereka. Bersama mereka kita bisa menulis babak baru dan penting dalam sejarah Aprilia Racing,” ujarnya menambahkan.

Dengan ini, maka Bezzecchi akan menunggangi motor pabrikan Aprilia RS-GP musim depan.

Baca juga: Bezzecchi sebut Rossi punyak adil dalam finis podium di Jerez
Baca juga: Bezzecchi ingin ulangi kemenangan MotoGP Prancis di Le Mans


Selain itu, kehadiran Bezzecchi di Aprilia Racing menjadikannya pembalap utama asal Italia pertama untuk pabrikan sejak tahun 2020, ketika pembalap penguji, Lorenzo Savadori, bekerja sama dengan Aleix Espargaro untuk tiga putaran terakhir tahun ini.

Lebih lanjut, Rivola menilai bahwa Bezzecchi telah menunjukkan bahwa ia merupakan salah satu pembalap paling potensial selama setidaknya dua musim ke belakang.

Sejak tiba di kelas balap premier MotoGP pada tahun 2022, Bezzecchi telah meraih sembilan podium dan tiga kemenangan balapan utama. Pembalap berusia 25 tahun itu juga meraih juara tiga pada MotoGP 2023, tepat di belakang Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dan Jorge Martin.

“Ia merupakan salah satu talenta terbaik Italia, ia juga telah menunjukkan kemampuannya sejak debutnya di kategori awal dan terutama pada MotoGP tahun lalu dengan penampilan luar biasa dan kemenangan yang ia raih,” kata Rivola.

Adapun musim ini, Aprilia Racing masih diperkuat oleh Aleix Espargaro dan Maverick Vinales. Espargaro pada tahun ini mengumumkan bahwa ia mengakhiri karier profesionalnya di MotoGP, sementara Vinales beralih ke tim Red Bull KTM Tech3 pada musim 2025 bersama Enea Bastianini (Ducati Lenovo).

Baca juga: Diggia, Bezzecchi matangkan performa dan teknis setelah GP Italia

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2024