Jembrana, Bali (ANTARA) -
Kepolisian Resor (Polres) Jembrana, Bali, membantu membangun sumur bor sebagai sumber air bersih bagi warga Dusun Petapan Kaja, Jembrana yang sering mengalami krisis air bersih saat kemarau.
 
"Bantuan sumber air bersih ini bagian dari kegiatan bakti sosial kami dalam rangkaian Hari Bhayangkara Ke-78," kata Kapolres Jembrana AKBP Endang Tri Purwanto saat menyerahkan sumber air bersih tersebut kepada warga di Dusun Petapan Kaja, Desa Pergung, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali, Senin.
 
Dia mengatakan, lahan yang digunakan untuk membangun sumur bor itu juga milik anggota Polri yaitu Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Jembrana AKP I Gede Alit Darmana.
 
Menurut dia, anggota Polri tersebut ikhlas lahannya digunakan untuk sumur bor bagi kepentingan umum karena merasa terpanggil untuk membantu mengatasi krisis air bersih di dusun tersebut.
 
"Semoga ini menjadi pahala dan karma baik baginya. Mari senantiasa saling membantu, khususnya untuk kepentingan masyarakat banyak," katanya.

Baca juga: Polisi di Belu bantu pembangunan sumur bor di daerah pelosok
 
Pada kesempatan itu, ia juga mensosialisasikan tugas Polri yaitu menegakkan hukum dan aturan yang dilandasi rasa sayang kepada masyarakat agar aman, tenteram, dan selamat.
 
"Polri perlu dukungan dan sinergi dari masyarakat agar bisa menjalankan tugasnya dengan baik," ujarnya.
 
I Wayan Panditama, salah seorang warga Dusun Petapan Kaja mengatakan, saat musim kemarau warga di wilayah tersebut sering kekurangan air bersih.
 
"Dengan adanya sumur bor dari Polres Jembrana ini sangat membantu kami dalam memenuhi kebutuhan air bersih. Saya mewakili warga menyampaikan terima kasih," katanya.

Baca juga: Polres Malra bantu sumur bor dan pompa air untuk warga di Kei Kecil
 
Sumur hibah dari Polres Jembrana ini memiliki tiga buah keran air dengan tandon mencapai 3.000 liter dan pipa penyaluran sepanjang 150 meter.
 
Sebelum diserahkan kepada warga, Polres Jembrana terlebih dahulu melakukan uji laboratorium untuk uji kelayakan air dari sumur sedalam 75 meter tersebut.
 
Dalam rangkaian Hari Bhayangkara Ke-78, Polres Jembrana bersama Bhayangkari Cabang Jembrana melaksanakan sejumlah kegiatan seperti menanam ratusan pohon alpukat, menebar 500 benih ikan nila serta memberikan bantuan sembako di Desa Manistutu, Kecamatan Melaya Jumat (21/6).
 
Selain itu, juga melakukan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Ksatria Kusuma Mandala, yang lokasinya bersebelahan dengan Polres Jembrana.

Baca juga: Polisi bantu distribusikan air bersih terdampak kekeringan Situbondo
 
Polres Jembrana juga mengadakan lomba yang bersifat hiburan dan melibatkan masyarakat seperti lomba burung berkicau dan catur.

Pewarta: Gembong Ismadi/Rolandus Nampu
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024