Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Helsinki dengan didukung oleh komunitas diaspora Indonesia mengenalkan ragam budaya Tanah Air di negara Nordik​, khususnya Finlandia melalui Indonesian and Finland Festival (IFF) 2024 di Lasipalatsian Aukio, Helsinki.

IFF merupakan agenda tahunan yang berlangsung setiap awal musim panas yang bertujuan untuk mengenalkan Indonesia kepada Finlandia yang sayangnya belum banyak mengenal Indonesia.

"Saya sangat kagum melihat antusiasme yang amat tinggi dari para pengunjung terhadap program-program yang kami tawarkan sepanjang festival," kata Duta Besar Indonesia untuk Finlandia dan Estonia, Ratu Silvy Gayatri, melalui keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Senin.

 Silvy menyatakan misi pengenalan budaya masih penting dilakukan, khususnya karena tahun ini adalah momen spesial bagi Indonesia dan Finlandia yang merayakan 70 tahun terjalinnya hubungan diplomatik.

Sepanjang dua hari pelaksanaan festival, antrean panjang pengunjung mengular di area kuliner Indonesia, utamanya di depan stan sate ayam yang berhasil merebut hati warga Ibu Kota Helsinki.

Selain kuliner, mayoritas pengunjung memadati panggung utama yang memamerkan beragam tari dan musik tradisional Indonesia.

Tak hanya itu, banyak juga pengunjung festival yang berbelanja suvenir dan kerajinan khas Indonesia, seperti kain batik, anyaman rotan, hingga kalung dan pernak-pernik lainnya.

IFF 2024 menjadi lebih spesial berkat kehadiran kontingen pengisi acara yang datang langsung dari Indonesia, yakni delegasi dari Dinas Kebudayaan DKI Jakarta dan perwakilan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur Kalimantan Timur, Kabupaten Minahasa serta Pemkot Tomohon, Sulawesi Utara.

Tiap-tiap delegasi membawa penampil kesenian tradisional, aneka kerajinan tangan, serta promosi potensi wisata maupun investasi di daerah masing-masing.

Selain perwakilan pemda, festival tersebut juga didukung oleh sejumlah perwakilan bisnis terkait Indonesia.

 Sebagai acara yang menjadi simbol kolaborasi Indonesia-Finlandia, IFF 2024 juga menampilkan perwakilan musisi setempat.

Dalam pelaksanaannya, target pengenalan budaya IFF 2024 dinilai cukup berhasil dengan sukses, terbukti dengan kehadiran hampir 5.000 pengunjung selama dua hari pelaksanaan festival.

Indonesia dan Finlandia menjalin hubungan diplomatik sejak 1954, dilatari kesamaan nilai atas penghormatan terhadap demokrasi dan prinsip keberlanjutan.

Finlandia merupakan salah satu mitra dagang penting Indonesia di kawasan Eropa Utara.

Nilai perdagangan kedua negara pada 2023 mencapai 713 juta dolar AS (Rp11,7 triliun), meningkat 22 persen dibanding data dari 2019.

Adapun nilai perdagangan pada triwulan pertama antara Indonesia dan Finlandia menunjukkan peningkatan hingga 40 persen dibanding kurun yang sama tahun lalu, membuat angka ini sudah melampaui level perdagangan sebelum pandemi.

Baca juga: Indonesia minta Finlandia akui Palestina
Baca juga: Indonesia-Finlandia perkuat kerja sama energi hijau dan "smart cities"
Baca juga: Indonesia dan Finlandia jajaki kerja sama di sektor digitalisasi

 

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2024