Madrid (ANTARA News) - Atletico Madrid memiliki kesempatan untuk memperdalam derita Real Madrid di Piala Raja setelah menyisihkan Athletic Bilbao pada laga leg kedua perempatfinal di kandangnya sendiri di San Mames Arena dengan skor 2-1.

Kemenangan ini membuat Atletico unggul agregat 3-1 serelah pada leg pertama pekan lalu Atletico memenanginya dengan 1-0.

Diego Costa nyaris membuat agregat menjadi 2-0 pada lima menit babak pertama.  Demikian juga Koke yang mengirim bola ke gawang Bilbao namun kiper Iago Herrerin menahan bola dengan kedua kakinya.

Tuan rumah bersuka cita ketika Aritz Aduriz mengonversi tendangan penjuru Mikel Balenziaga menjadi gol pada menit 42.

Kiper Atletico Thibaut Courtois melakukan tiga penyelamatan gemilang untuk menggagalkan peluang gol dari Andoni Iraola, Aduriz dan Mikel Rico pada babak pertama.

Lalu, pada sepuluh menit babak kedua Raul Garcia mencetak gol usai menerima umpan Emiliano Insua untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1 dan mengubah agregat menjadi 2-1 untuk tim tamu.

Memerlukan dua gol untuk lolos ke semifinal, Bilbao meningkatkan gelombang serangan namun Atletico terlalu kokoh, sebaliknya malah menambah gol pada empat menit sebelum bubaran ketika Koke merancang gol Diego Costa yang mengecoh Herrerin untuk menjaringkan bola ke gawang yang sudah tak terjaga lagi.

Atletico mengalahkan Real 2-1 di Bernabeu pada final tahun lalu, dan juga menang 1-0 pada La Liga Agustus lalu dalam musim ini.

Final Piala Raja akan dilangsungkan 19 April nanti namun belum diputuskan tempat pertandingan final ini, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014