Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyebut pasar tradisional merupakan penyokong utama pertumbuhan ekonomi rakyat.

Saat meresmikan dua pasar rakyat, yakni Pasar Rakyat Palapa, Pekanbaru, dan Pasar Rakyat Minggu, Kabupaten Rokan Hulu, Riau pada Senin, Mendag Zulkifli menyebut, revitalisasi pasar rakyat menjadi program pemerintah dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Peresmian pasar rakyat di Pekanbaru dan Rokan Hulu menjadi program pemerintah, karena pasar adalah salah satu sarana penting, apalagi pasar rakyat. Pasar rakyat ini salah satu yang membuat ekonomi Indonesia stabil. Pasar rakyat dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan penyokong utama ekonomi Indonesia," ujar Zulkifli melalui keterangan di Jakarta, Senin.

Zulkifli berharap, pasar rakyat menjadi sarana untuk pemerataan kesetaraan ekonomi rakyat sesuai dengan tujuan bangsa Indonesia merdeka. Selain itu, pasar rakyat menjadi sarana untuk melatih kewirausahaan.

"Itulah tujuan Indonesia merdeka, yaitu adil bagi seluruh rakyat Indonesia, termasuk ekonomi Pancasila artinya memperluas kepemilikan, salah satu caranya dengan pasar mendekatkan kepada masyarakat. Selain itu, pasar rakyat untuk mengembangkan UMKM karena kewirausahaan itu mesti dilatih," katanya pula.

Pembangunan kedua pasar rakyat menggunakan anggaran Dana Tugas Pembantuan Kementerian Perdagangan tahun anggaran 2023, dengan nilai masing-masing sebesar Rp3 miliar melalui Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 18 Tahun 2023.

Kedua pasar tersebut dirancang dengan berpedoman pada Standar Nasional Indonesia (SNI) Pasar Rakyat dengan mengedepankan pasar rakyat bersih, aman, dan nyaman bagi pengunjung. Di pasar rakyat ini dijual barang kebutuhan pokok, ikan, ayam, sayur mayur, dan pakaian.

Dalam peresmian tersebut, Zulkifli juga melakukan peninjauan harga dan pasokan barang kebutuhan pokok di Pasar Palapa. Peninjauan ini untuk memastikan stabilitas harga dan pasokan barang kebutuhan pokok.

"Harga barang kebutuhan pokok stabil, baik di Jawa dan Sumatera stabil. Jadi, tidak usah khawatir," kata Zulkifli.

Lebih lanjut, Zulkifli mengatakan, stabilitas harga dan pasokan barang kebutuhan pokok merupakan tugas pemerintah.

Selain itu, pemerintah juga menjaga agar harga barang kebutuhan pokok di tingkat produsen dan konsumen seimbang dengan menetapkan harga patokan.
Baca juga: Pemkab Bantul ajukan revitalisasi Pasar Piyungan dan Mangiran ke pusat
Baca juga: Mendag Zulkifli Hasan meresmikan pasar rakyat Palapa Pekanbaru

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2024