Jakarta (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Administrasi Jakarta Selatan mengingatkan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) agar selalu berkoordinasi dengan berbagai pihak demi validitas data pencocokan dan penelitian (coklit).
 
"Jangan lupa selalu koordinasi dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) agar tugas coklit menghasilkan data yang valid," kata Ketua Bawaslu Jaksel, Atiq Amalia di Jakarta, Senin.
 
Atiq menyampaikan pesan tersebut dalam pelantikan dan bimbingan teknis (bimtek) di Kantor Kelurahan Tegal Parang, Mampang Prapatan.
 
Dia juga mengarahkan agar Pantarlih dalam melaksanakan tugasnya agar tidak segan-segan untuk turun langsung ke lapangan dengan penuh tanggung jawab dan profesional.
 
Selain itu, diharapkan Pantarlih mampu menjalankan amanah sesuai perundang-undangan dan tidak dalam intervensi siapapun.
 
Dia menegaskan Pantarlih terpilih merupakan garda terdepan dalam menentukan hak pemilih demi mewujudkan kesuksesan Pilkada mendatang.
 
Adanya data coklit yang akurat tentunya mampu membantu setiap elemen yang terlibat dalam pelaksanaan Pilkada terutama di Tempat Pemungutan Suara (TPS).
 
"Salah satu indikator suksesnya Pemilu adalah akurasi data pemilih," ujarnya.

Pantarlih bertugas melakukan pemutakhiran data pemilih dengan pencocokan dan penelitian data dari rumah ke rumah.
 
Selain itu, Pantarlih juga memastikan semua warga DKI Jakarta sudah memenuhi syarat sebagai pemilih didata dalam daftar pemilih pada Pilkada DKI Jakarta 2024.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI melatih 29.315 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang akan disebar di 14.650 TPS pada Pilkada mendatang.
 
Kini, KPU DKI  tengah menyusun daftar pemilih berdasarkan data hasil sinkronisasi Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dengan DPT Pemilu terakhir, yaitu sebanyak 8.315.669.
 
Angka tersebut bertambah sebanyak 62.772 pemilih dibandingkan dengan DPT Pemilu 2024, yaitu 8.252.897 pemilih.
 
Pilkada untuk memilih gubernur, bupati, dan wali kota akan diselenggarakan serentak seluruh daerah pada 27 November 2024.
Baca juga: KPU DKI gandeng Dinas PRKP untuk coklit di apartemen jelang Pilkada
Baca juga: KPU DKI lantik 29.315 Pantarlih jelang Pilkada DKI Jakarta
Baca juga: Kaesang sambangi Muhamadiyah DKI sambil bagikan buku tulis ke warga

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2024