Jakarta (ANTARA) - Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Polisi Agus Andrianto yang mewakili Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo beserta pejabat utama Mabes Polri berziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, menjelang HUT Ke-78 Bhayangkara.

Dikutip dari keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Senin, ziarah serta tabur bunga ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan HUT Ke-78 Bhayangkara yang akan digelar di Monumen Nasional (Monas) pada tanggal 1 Juli mendatang.

Selain itu, kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun menjelang momen hari jadi kepolisian.

Komjen Agus mengatakan ziarah ini merupakan wujud untuk mengenang nilai-nilai perjuangan maupun keteladanan dari seluruh pahlawan Indonesia.

Dengan mengenang dan merefleksikan keteladanan serta perjuangan para pahlawan, hal ini bisa menjadi semangat untuk seluruh personel Polri dalam menghadapi seluruh tantangan dalam tugas ke depannya.

Sebelumnya, Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan Polri mengadakan berbagai kegiatan menjelang Hari Bhayangkara, salah satunya melaksanakan ziarah dan tabur bunga di TMP Kalibata.

"Untuk memperingati Hari Bhayangkara Ke-78, Polri mengadakan rangkaian kegiatan tradisi serta lomba-lomba yang dibuka untuk umum," ujarnya.

Pada Sabtu (22/6), Polri menyelenggarakan kegiatan gerak jalan dan parade kostum bertajuk "Bhayangkara Fun Walk 2024". Acara itu turut dihadiri unsur TNI, Kejaksaan Agung, dan Kemenko Polhukam.

Sekitar 4.000 orang peserta mengikuti acara gerak jalan yang mengusung tema "Berjalan dalam Kesatuan".

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan acara gerak jalan tersebut menjadi simbol harapan bagi lembaga penegak hukum untuk berjalan bersama dalam menjaga Indonesia.

"Sesuai dengan temanya bahwa kita bersama-sama gerak untuk bersatu, jadi tentunya kita harapkan dengan bersama-sama, dengan bersatu, kita bisa membangun dan menjaga Indonesia agar bisa menjadi lebih baik," kata Listyo.

Tema HUT Bhayangkara tahun ini adalah "Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia emas".

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2024