Jakarta (ANTARA) - Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan realisasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk berkantor di Ibu Kota Nusantara masih menunggu kesiapan infrastruktur mendasar di kawasan tersebut.

"Kita lihat perkembangan sarana prasarana yang ada," kata Heru ketika ditemui di sela-sela peluncuran logo HUT Ke-79 RI di Wisma Negara, Jakarta, Senin.

Beberapa infrastruktur yang masih terus disiapkan di antaranya pasokan air bersih dan bandara IKN, yang akan berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Meskipun pembangunan bandara ditargetkan rampung Agustus mendatang, Heru mengatakan masih diperlukan pengecekan lebih lanjut dan memastikan izin operasional bandara tersebut.

"Ya kan ada air, ada bandara. Kemarin bandara (ditargetkan) bisa selesai Agustus lah ya, dan hasil informasi yang saya dapat tentunya masih perlu penyempurnaan," tuturnya.

Heru mengatakan pemerintah terus mematangkan persiapan rangkaian acara peringatan HUT Ke-79 RI, yang akan dimulai dengan kegiatan zikir bersama pada 1 Agustus 2024.

Berbeda dari rencana awal untuk menyelenggarakan seluruh rangkaian acara peringatan HUT tahun ini di IKN, Heru menyebut kegiatan selama 1-17 Agustus mendatang akan diselenggarakan secara luring dan daring, di IKN dan Jakarta.

Baca juga: Ekonom: Perayaan HUT RI di IKN momen kuat tarik investor

Baca juga: Menhub: Tamu VIP untuk HUT RI di IKN harus pakai kendaraan listrik

Baca juga: Kementerian pesan kamar hotel-penginapan di Penajam untuk Agustus 2024


"Kan ada bolong-bolong waktunya. Ada acara tanggal 1, tanggal 10, tanggal 14, tanggal 15, kemudian tanggal 16 dan tanggal 17 (Agustus). Sudah kita setting ya (Presiden akan) pergi-pulang (skenario-nya). Misalnya, tanggal 1 ke tanggal 10 kan jauh (jeda-nya), tentunya (Presiden) akan mondar-mandir ke Jakarta," ucap Heru.

Dia menyebut acara zikir bersama pun rencananya masih akan diselenggarakan di Jakarta, sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Sedangkan untuk acara lain seperti pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), apel kehormatan dan renungan suci, dan penganugerahan tanda kehormatan RI belum dipastikan akan diselenggarakan di IKN atau Jakarta.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono mengungkapkan persiapan untuk HUT Kemerdekaan RI di IKN secara keseluruhan dinyatakan siap.

"Secara keseluruhan sudah bisa dinyatakan siap, saya kira 90 persen. Nanti Juli Bapak Presiden RI akan ke IKN lagi untuk melakukan pengecekan final," ujar Basuki, awal Juni lalu.

Menurut dia, Presiden Jokowi melakukan pengecekan satu per satu seperti lokasi dan tata urut-nya terkait perayaan HUT Kemerdekaan RI di IKN.

Basuki juga menyampaikan bahwa pada Agustus nanti 12 tower (menara, red) rumah susun (rusun) ASN di IKN sudah fully furnished untuk ditempati para peserta upacara. Sedangkan rumah tapak jabatan menteri juga nanti sudah selesai, sehingga bisa ditempati.

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2024