Jakarta (ANTARA) -
Keberuntungan sedang tidak berpihak kepada Pelita Jaya Jakarta, sebab guard andalan mereka, Jerome Anthony Beane, dipastikan tidak boleh tampil dalam dua laga Indonesian Basketball League (IBL) 2024 yang akan dilakoni klub kebanggaan warga Jakarta itu.
 
Dalam laman IBL yang dipantau ANTARA di Jakarta, Senin, setelah Pelita kalah beruntun melawan Dewa United pada Sabtu (22/6) dan RANS Simba Bogor, Minggu (23/6), pemain kunci itu malah terkena sanksi larangan bermain.
 
Guard berusia 30 tahun tersebut bertengkar dan melakukan tindakan berlebihan saat bertikai dengan pemain RANS, John Fields, di lapangan dalam pertandingan kedua tim di Britama Arena Mahaka Square, Jakarta, sehari lalu.
 
Akibat perbuatan itu, pengelola kompetisi memberikan sanksi dua kali tidak boleh ikut bertanding kepada keduanya.
   
Selain sanksi larangan bermain, kedua pemain itu juga terkena denda Rp10 juta akibat pertikaian tersebut.
 
Selama membela Pelita Jaya Jakarta musim ini, Beane merupakan guard andalan bersama dengan Andakara Prastawa.
 
Dia menjadi guard paling produktif di dalam tim. Hingga pertandingan terakhir, dia sudah mengumpulkan 227 poin, 77 assist, 44 rebound, 33 steal, dan 2 blok dari total 22 pertandingan yang sudah dilakoni timnya.
 
Di bawahnya ada Andakara Prastawa dengan 175 poin, 63 assist, 40 rebound, 25 steal, dan 1 blok.
 
Dalam babak reguler IBL, skuad asuhan Johannis Winar masih akan melakoni empat laga tandang melawan Pacific Caesar Surabaya, Bali United Basketball, Kesatria Bengawan Solo, dan Satria Muda Pertamina Jakarta.
 
Meski kehilangan Beane, klub yang berdiri sejak 1987 tersebut telah memastikan tempat di babak playoffs IBL 2024.
 
Selain itu, saat ini Prastawa dan kawan-kawan berada di peringkat empat klasemen sementara IBL, dengan mengumpulkan 40 poin dari 22 pertandingan.
 
Mereka telah memenangi 18 laga dan empat kali kalah.


Baca juga: IBL 2024, Pelita Jaya tak berkutik di tangan Dewa United

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2024