Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Dony Maryadi Oekon mendorong PT Kilang Pertamina Internasional untuk segera menuntaskan investigasi kebakaran kilang Unit Balikpapan pada 25 Mei 2024.

“Insiden kebakaran kilang minyak di CDU (crude distillation unit) IV ini masih dalam proses investigasi yang mendetail. Saat ini sedang dilakukan investigasi oleh tim gabungan Pertamina holding, Ditjen Migas, dan Polres Balikpapan,” kata Dony dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Dony mengatakan bahwa kebakaran tersebut sampai saat ini masih dalam proses investigasi mendetail. Oleh karena itu, ia mendorong agar proses ini segera tuntas.

Dengan adanya insiden ini, Dony mendorong Pertamina agar betul-betul melakukan investigasi agar ke depan kebakaran kilang tidak terulang kembali.

Sebelumnya, kebakaran terjadi di Kilang Pertamina Indonesia (KPI) unit Balikpapan, Jalan Yos Sudarso, Balikpapan Barat, Sabtu (25/5) dini hari.

Berdasarkan informasi yang diterima melalui relawan bencana Balikpapan, kejadian itu bermula sekitar pukul 05.06 WITA.

PT Kilang Pertamina Internasional Unit Balikpapan menyatakan kebakaran yang terjadi di wilayah operasionalnya sudah berhasil dipadamkan pada pukul 07.30 WITA.

"Kami juga lakukan investigasi untuk mencari tahu penyebab pasti kebakaran," ujar General Manager PT KPI Unit Balikpapan Bayu Arafat.

Ia memaparkan bahwa PT Pertamina (Persero) mengerahkan tim minyak dan gas (migas) untuk mengetahui penyebab kebakaran.

Titik api, kata dia, berasal dari unit distilasi minyak mentah (crude distillation unit/CDU) VI yang merupakan proses awal dari fraksinasi minyak mentah menjadi bahan bakar minyak (BBM), liquified petroleum gas (LPG), dan lainnya.

Tim Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) Polri dan Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Mabes Polri, juga turut melakukan investigasi peristiwa kebakaran kilang tersebut.

Tim Inafis adalah pelaksana teknis bidang identifikasi pasca-peristiwa di bawah Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri.
Baca juga: Inafis telusuri sumber api kebakaran Kilang Pertamina Unit Balikpapan
Baca juga: Pertamina pantau warga sekitar kilang tak terdampak kebakaran

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2024