Serang (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menyampaikan digitalisasi perizinan membantu dorong peningkatan ekonomi masyarakat serta menarik wisatawan domestik dan mancanegara dalam jumlah besar ke wilayah Banten.

"Dengan diluncurkannya digitalisasi layanan perizinan penyelenggaraan event oleh Presiden RI Joko Widodo ini dapat mendorong peningkatan ekonomi masyarakat Banten dan mampu menarik wisatawan domestik maupun mancanegara," katanya, di Serang, Senin.
 
Selain mempermudah layanan, juga penyederhanaan proses birokrasi perizinan yang menimbulkan dampak positif di daerah khususnya Provinsi Banten.
 
"Dengan digitalisasi, maka pelaksanaan event-event berskala nasional dan internasional bisa lebih mudah. Dengan begitu daya dukung peningkatan ekonomi, keterlibatan ketenagakerjaan, pertumbuhan UMKM dan sektor lainnya juga mengalami peningkatan," katanya lagi.
 
Al juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo atas keterlibatan kolaborasi Pemerintah Provinsi Banten dalam penerbitan layanan perizinan event secara digital.
 
Di wilayah Provinsi Banten memiliki Bandara Soekarno-Hatta, akses infrastruktur dan jalan tol yang memadai, kawasan smart city Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan, Kawasan PIK dan lain-lain, sebagai penunjang daya dukung menyelenggarakan event internasional.
 
Mulai dari pameran atau konvensi, pertemuan meeting, event musik, dan olahraga digelar di Jakarta. Sehingga kemudahan digitalisasi perizinan event menjadi efektif dan meningkatkan daya tarik penyelenggaraan event berskala internasional di Provinsi Banten, ujarnya pula.
 
"Kami berterima kasih kepada Bapak Presiden, Bapak Kapolri, dan Pemerintah Pusat atas Provinsi Banten bagian dari wilayah terakses perizinan berbasis digitalisasi. Tentunya Pemerintah Provinsi Banten mendukung dan berperan aktif dalam proses perizinannya, sehingga Provinsi Banten menjadi wilayah tujuan event-event berskala besar," ujarnya lagi.
 
Presiden Jokowi telah meresmikan peluncuran digitalisasi layanan perizinan penyelenggaraan event. Acara ini diselenggarakan di The Tribata Hotel and Convention Center, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
Baca juga: Kapolri pastikan awasi layanan perizinan daring dari potensi serangan
Baca juga: Pakar sebut digitalisasi layanan perizinan merupakan langkah positif

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2024