Jakarta (ANTARA) - Rombongan undangan tamu haji Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud, asal Indonesia tiba di Tanah Air melalui Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang pada Senin.

Para jamaah yang berjumlah 50 orang itu diberangkatkan dari Bandara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdul Aziz di Kota Madinah menuju Indonesia.

Seraya menunggu penerbangan ke Tanah Air, rombongan mengelar salam perpisahan dengan sharing pengalaman selama menjadi tamu haji Raja Salman dan saling memaafkan satu sama lain sebelum diakhiri doa bersama yang dipimpin Ustad Muhammad Cahyo.

Salah satu tamu undangan, Ismi Rohimaningsih, menuturkan bahwa silaturahmi antar jamaah haji biasanya langgeng.

"Katanya yakin, kalau pertemanan haji itu tidak akan pernah putus. Kita akan jadi saudara, alumni haji Raja namanya," kata Ismi yang juga istri Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler, Duta Besar Andy Rachmianto.

Sementara itu, tamu undangan lainnya, Asnawi Badwi yang merupakan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Barat mengatakan bahwa rombongan tamu haji Raja Salman merupakan satu keluarga yang dipertemukan di tempat yang baik. "Semoga silaturahmi kita tidak terhenti di sini".

Kemudian, setibanya di bandara Soekarno-Hatta, rombongan disambut baik oleh pihak imigrasi yang membantu proses pemulangan untuk pemeriksaan dokumen.

Sebanyak 50 warga Indonesia berangkat ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah haji secara gratis atas undangan Raja Salman. Jumlah tersebut tidak masuk dalam kuota haji reguler Pemerintah Indonesia.

Baca juga: Wamen Arab Saudi pastikan pelayanan terbaik tamu haji Raja Salman
Baca juga: Dubes Arab Saudi lepas calon haji Indonesia undangan Raja Salman
Baca juga: Jadi tamu Raja Salman, 50 lebih warga Indonesia pergi haji gratis

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2024