Solo (ANTARA) - Partai Golkar memastikan Sekar Tandjung fokus pada pemilihan kepala Daerah (Pilkada) Kota Surakarta di tengah isu dirinya yang akan mendampingi Bobby Nasution untuk mengikuti Pilkada Provinsi Sumatera Utara.

Sekretaris DPD Partai Golkar Kota Surakarta Taufiqurrahman di Solo, Jawa Tengah, Selasa mengatakan sejauh ini putri politisi senior Akbar Tandjung tersebut telah disiapkan untuk Kota Surakarta.

"Masalah AD1 atau AD2, itu dilihat dari komunikasi politik, sehingga sangat diharapkan begitu jadi calonnya harus jadi," katanya.

Mengenai pasangan Sekar Tandjung untuk maju ke Pilkada Surakarta, dikatakannya, hingga saat ini masih dalam lobi politik.

"Kaitannya dengan pertemuan beberapa partai politik beberapa waktu lalu, ada enam itu. Saya kebetulan datang, yang mengundang PSI (Partai Solidaritas Indonesia). Di situ kami kumpul dan membicarakan banyak hal," katanya.

Ia mengatakan salah satu hal yang dibicarakan yakni soal koalisi dan pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota yang akan diusung.

"Ini baru menjajaki, kami belum ada kesepakatan. Di situ ada PKB, PAN, Gerindra, PSI, Golkar, dan PKS. Semua lima parpol itu nada-nadanya mendukung mbak Sekar. Mbak Sekar selalu mengatakan untuk AD1," katanya.

Disinggung mengenai kedekatan antara Sekar Tandjung dengan Adipati Mangkunegara X atau Gusti Bhre yang juga diisukan akan maju pada Pilkada Surakarta, pihaknya tidak menampiknya.

Meski demikian, sejauh ini belum ada komunikasi resmi antara Partai Golkar dengan pihak Mangkunegara.

"Secara formal belum ada, tapi pendekatan secara pribadi sudah. Ada kemungkinan Gusti Bhre maju,
Itu juga dibicarakan dalam pertemuan parpol, termasuk kemungkinan pasangan-pasangan," katanya.

Pihaknya berharap pada akhir bulan Juli sudah diperoleh pasangan yang akan diusung untuk selanjutnya melakukan pendaftaran pada bulan Agustus.
Baca juga: Airlangga: Putri Akbar Tanjung akan maju di Pilkada Surakarta
Baca juga: Isu Gibran gabung Golkar, Airlangga sebut sudah ada komunikasi

 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2024