Beijing (ANTARA) - Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional (National Development and Reform Commission/NDRC) China pada Senin (24/6) menyebutkan bahwa negara itu berencana mengintensifkan upaya guna melindungi jalur terbang burung-burung yang bermigrasi.

Menurut rencana aksi yang dibuat oleh NDRC bersama dengan sejumlah departemen lainnya, China menargetkan untuk memberlakukan perlindungan efektif terhadap 90 persen habitat penting di sepanjang jalur migrasi burung di negara itu pada 2030.

Negara tersebut menjadi rumah bagi lebih dari 1.500 spesies burung, atau 13 persen dari total spesies burung di dunia, dan lebih dari 800 di antaranya merupakan spesies yang melakukan migrasi. Empat dari sembilan jalur terbang utama migrasi burung di Bumi melewati China.

Untuk meningkatkan perlindungan terhadap 821 habitat penting di sepanjang empat jalur tersebut, upaya-upaya akan ditingkatkan untuk mengendalikan polusi, menekan spesies asing yang invasif, mengoptimalkan pengumpulan data, serta mendorong keharmonisan antara manusia dan burung.

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2024