Jakarta (ANTARA) - Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Aditya Perdana menilai ketokohan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Pangandaran dapat dioptimalkan untuk meraup dukungan pada Pilkada Jawa Barat 2024.

"Bu Susi punya ketokohan di daerah Jawa Barat, terutama daerah pesisir Pangandaran, yang tentu akan bisa dioptimalkan dalam mencari simpati pemilih di sana," kata Aditya kepada ANTARA di Jakarta, Selasa.

Hal itu disampaikan-nya menanggapi DPD PDI Perjuangan (PDIP) Jawa Barat yang membuka peluang untuk mengusung Susi Pudjiastuti pada Pilkada Jawa Barat 2024.

Selain ketokohan, dia menilai potensi utama yang dimiliki Susi Pudjiastuti untuk diusung pada Pilkada Jawa Barat 2024 ialah kinerja positifnya selama menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan pada 2014 hingga 2019.

"Potensi Bu Susi tentu adalah sebagai mantan menteri ya, ini yang menjadi salah satu hal yang positif, menteri yang tentu berkinerja baik," ujarnya.

Meski demikian, dia berpendapat potensi untuk mengusung Susi Pudjiastuti masih tergantung pada dinamika elite partai politik di tingkat pusat.

Baca juga: PDIP buka peluang usung Susi Pudjiastuti pada Pilkada Jabar 2024

Baca juga: Guru Besar Unas: Ridwan Kamil tidak punya kompetitor di Pilkada Jabar

Baca juga: Pengamat: KIM diuntungkan jika Ridwan Kamil maju Pilkada Jakarta


"Menurut saya semua masih bisa cair, karena elite politik Jakarta masih terus mengkaji pilihan-pilihan yang ada apakah sudah tepat atau belum," kata Direktur Pusat Kajian Politik (Puskapol) UI itu.

Sebelumnya, Rabu (19/6), Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono mengatakan bahwa partai-nya membuka peluang untuk mengusung mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pada Pilkada Jawa Barat 2024.

"Ada statement Bu Susi beliau apabila diminta masyarakat, beliau akan siap. PDIP akan dalami itu, apakah Bu Susi siap untuk kami usung," kata Ono di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Dia menilai bahwa Susi Pudjiastuti merupakan figur potensial untuk diusung pada kontestasi Pilkada Jawa Barat 2024 bersama partai politik lainnya yang bersedia.

"Kita bisa dorong partai lain eksplor lebih jauh kesiapan Bu Susi. Menurut saya Bu Susi figur-nya menarik," ujarnya.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2024