Jakarta (ANTARA) - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menggelar pemilihan pustakawan berprestasi terbaik tingkat nasional tahun 2024 untuk memberikan apresiasi kepada pustakawan yang berdedikasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Ajang ini diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi kepada pustakawan atas dedikasi tinggi, disiplin, dan sadar akan tanggung jawab sebagai pelayan jasa informasi kepada masyarakat," kata Sekretaris Utama Perpusnas Joko Santoso sebagaimana dikutip dalam keterangan pers perpustakaan di Jakarta, Selasa.

Ia mengemukakan pentingnya kreativitas dan inovasi pustakawan dalam memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat.

Oleh karena itu, Perpusnas memberikan apresiasi kepada pustakawan yang kreatif dan inovatif dalam mengupayakan peningkatan minat baca masyarakat.

"Orientasi dalam proses pemilihan ini adalah dampak nyata yang dihasilkan dari inovasi dan kreativitas para finalis pustakawan yang ikut mendorong pertumbuhan data baca dan literasi masyarakat. Syukur-syukur bisa direplikasi oleh perpustakaan, baik di tingkat pusat ataupun daerah," kata Joko.

Pelaksana Tugas Kepala Pusat Pembinaan Pustakawan Nurcahyono mengatakan bahwa ada 531 pustakawan yang mendaftar mengikuti pemilihan pustakawan berprestasi terbaik 2024.

"Dari 531 pendaftar terpilih lah 15 finalis yang akan berkompetisi melalui proses selanjutnya, yakni penilaian wawancara dan presentasi terkait inovasi di bidang perpustakaan yang telah dilakukan serta dampaknya di masyarakat," kata dia.

Ia menambahkan, 15 finalis dalam ajang pemilihan pustakawan berprestasi terbaik sudah melalui proses penjaringan dan seleksi ketat secara virtual dan terpusat selama satu bulan dari 20 April sampai 20 Mei 2024.

Nurcahyono mengatakan bahwa proses penjurian hingga penetapan pustakawan berprestasi terbaik melibatkan praktisi dan akademisi di bidang perpustakaan.

Baca juga: Perpusnas: Rencana rekrutmen PPPK pustakawan sudah sesuai jalur
Baca juga: Profesi pustakawan dinilai tetap relevan di era digital


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2024