Jakarta (ANTARA) - DPP PDI Perjuangan akan menggelar festival kopi, musik, dan lari bareng dalam rangka merayakan Bulan Bung Karno (BBK) pada tahun 2024 di Parkir Timur Selatan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (30/6) mendatang.

Ketua DPP Bidang Pemuda dan Olahraga PDI Perjuangan Eriko Sotarduga mengatakan bahwa kegiatan itu sejak pagi hingga sore. Acara dimulai dengan festival kopi yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia.

"Jadi, kami akan melihat di Gelora Bung Karno itu banyak kegiatan yang akan dilakukan pada pagi hari. Dan nanti akan juga bersama-sama untuk menikmati kopi cinta tanah air," kata Eriko dalam konferensi pers di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Selasa.

Pada sore harinya, lanjut Eriko, panitia akan melaksanakan Soekarno Run.

"Nanti juga sekaligus ada kolaborasi setelah Soekarno Run ini dan juga pada saat perjalanan Soekarno Run ini, ada festival musik yang akan menghadirkan pemusik-pemusik andal dan juga yang disukai oleh generasi muda," ujarnya.

Acara ini terbuka untuk umum sehingga siapa pun diizinkan untuk datang dan mengikuti acara. Eriko juga mengundang generasi muda untuk meramaikan BBK tersebut.

Baca juga: PDI Perjuangan gelar wayangan peringati Bulan Bung Karno 2024
Baca juga: Ketua DPRD Surabaya: Semangat perjuangan Bung Karno harus dirawat


Sementara itu, Ketua Panitia BBK 2024 Ilham mengungkapkan panitia membuat konsep acara dengan tiga segmen, yakni segmen ekonomi kreatif lewat Festival Kopi Cinta Tanah Air, olahraga, dan budaya yang diwakili oleh talenta-talenta musik lokal.

"Untuk acara yang akan saya jelaskan nanti ini spesifik tentang yang Fun Run ya. Fun Run itu tema kami adalah Soekarno Run. Kenapa? Karena memang perayaan Bulan Bung Karno," jelas Ilham.

Untuk Fun Run ini, lanjut Ilham, akan dimulai pukul 16.00 di Parkir Timur Selatan GBK dengan mengelilingi area kompleks GBK, pulang lagi di parkir timur.

Ketua DPP Bidang Kehormatan Banteng Muda Indonesia (BMI) Narendra Kiemas mengatakan bahwa pihaknya mengundang 30 komunitas kopi dan food and beverage.

Festival kopi akan dimulai pukul 09.30 sampai penutupan pada saat nanti ada konser musik.

"Dalam festival ini, ada beberapa kegiatan teman-teman. Jadi, ada tiga kompetisi kategori manual brew dan latte art. Pada pukul 13.00 atau pukul 14.00 akan ada coffee talk dan workshop. Kami akan membuat namanya diorama kopi dari hulu ke hilir," tambah Narendra.

Sekjen Taruna Merah Putih (TMP) Rio Dondokambey menambahkan bahwa pihaknya bertanggung jawab atas pelaksanaan Festival Musik.

"Kami dari panitia, kami sudah mengontak, kami sudah berhubungan dengan beberapa artis-artis yang mungkin menjadi idola dari generasi muda. Kami akan mengundang RAN, salah satunya, kami juga akan mengundang KPK Salatiga, untuk datang hari bernyanyi di tempat kami dan beberapa artis-artis lainnya yang tentunya kalau disebutkan sekarang, nanti tidak akan kejutannya," pungkas Rio.

Turut hadir dalam konferensi pers itu perwakilan pimpinan organisasi sayap kepemudaan PDI Perjuangan, yakni Ketua Umum Relawan Pembela Demokrasi (Repdem) Wanto Sugito dan Sekjen DPP Banteng Muda Indonesia (BMI) Patria Gonting.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2024