Jakarta (ANTARA) - Akuatik Indonesia akan menggelar Southeast Asia Open Water Swimming Championships Kedua di Pantai Jimbaran Hotel Intercontinental, Bali, pada 28-30 Juni, dan akan mensosialisasikan program AYO BeRenang melalui lomba Festival OWS Indonesia.

"Indonesia sebelumnya sukses saat ditunjuk menjadi tuan rumah untuk renang, loncat indah dan polo air. Kini SEAA memberikan kepercayaan untuk menggelar 2nd SEA OWS di Bali," kata Wakil Ketua Umum PB Akuatik Indonesia Harlin Rahardjo dalam konferensi pers daring pada Selasa.

"Jimbaran punya pantai yang bagus, sunset yang indah, karena di teluk airnya relatif lebih tenang, juga kuliner seafood Jimbaran jadi salah satu daya tarik," sambungnya.

Sekretaris Jenderal PB Akuatik Indonesia Ali Patiwiri menjelaskan 2nd SEA OWS akan diikuti tuan rumah Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Thailand. 

Baca juga: Akuatik Indonesia berpeluang dapat dua wildcard ke Olimpiade Paris

Ali menjelaskan kegiatan ini tidak hanya menjadi sebuah ajang olahraga namun juga event yang mendorong pariwisata lokal terutama pariwisata Bali.

"Kita mendapat dukungan dari SEAA, Kemenpora dan Kemenparekraf serta Pemprov Bali. Ini kegiatan olahraga yang juga mendorong pariwisata. OWS ini venuenya di laut dan banyak nilai positif untuk tingkatkan pariwisata," jelas Ali.

2nd SEA OWS dimulai Jumat 27 Juni dengan melombakan nomor 5 Km putra dan putri, pada 28 Juni melombakan nomor 10 km putra dan putri, dan estafet 4 x 1,5 Km campuran putra dan putri pada hari ketiga.

Indonesia menurunkan 44 atlet, Singapura 17 atlet, Thailand 17 atlet dan Malaysia 10 atlet.

Baca juga: Akuatik Indonesia harap Nika Masters mampu sosialisasikan renang

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024