Jakarta (ANTARA/JACX) – Pelatih Timnas Sepak Bola Indonesia Shin Tae Yong (STY) melakukan penyusunan skuad sejak awal 2020 termasuk dengan melibatkan sejumlah pemain keturunan Indonesia di luar negeri.

Hingga menjelang pertengahan 2024, sudah ada 11 pemain naturalisasi yang diresmikan PSSI. Sebuah unggahan video di TikTok menarasikan pemain Liverpool asal Belanda tersebut membuat video yang menyatakan siap menjadi bagian dari Timnas Indonesia, video tersebut unggah pada 22 Mei.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Pemain Liverpool Virgil Vandijk Siap Membela Timnas Garuda”

Berikut narasi yang diungkapkan Van Dijk:

“Halo Indonesia, nama saya Virgil Van Dijk. Ibu saya berasal dari Indonesia dan dibesarkan disana dan itu merupakan negara yang sangat besar banyak sekali pulau-pulau kecil di sekitarnya dan keluarga saya masih banyak di pulau kecil di Indonesia. Saya belum pernah berkunjung ke rumah keluarga saya disana tetapi saya akan merencanakan untuk melakukan perjalanan kesana.”

Namun, benarkah pemain Liverpool Virgil van Dijk nyatakan siap bela Timnas Indonesia pada akhir Mei?
 

Unggahan video yang menarasikan pemain Liverpool Virgil van Dijk nyatakan siap bela Timnas Indonesia pada akhir Mei. Faktanya, hingga saat ini belum ada informasi resmi mengenai hal tersebut. (TikTok)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, potongan video wawancara tersebut serupa dengan unggahan YouTube The Overlap berjudul “Virgil Van Dijk on Klopp & Being The World's Best CB With Gary Neville”. Dalam wawancara tersebut, Van Dijk menceritakan bagaimana ia membangun karir di sepak bola hingga bergabung Bersama klub bola Liverpool.

Sebelumnya, Van Dijk menjelaskan terkait kemungkinan naturalisasi. Ia menjelaskan telah berkomunikasi dengan PSSI, bahkan PSSI sempat menyaksikan latihan Van Dijk.

“Ya sekarang tidak sesering beberapa waktu lalu. Saya memang sempat melakukan kontak dengan orang PSSI, lebih dari sekali. Mereka juga sempat menyaksikan latihan saya di Telstar,” jelas Van Dijk, dilansir dari Bolacom.

Hingga saat ini, belum ada informasi resmi mengenai naturalisasi pemain Liverpool tersebut. Dalam video wawancaranya dengan The Overlap juga tidak ada narasi Van Dijk akan membela Timnas Indonesia.

Klaim: Video pemain Liverpool Virgil van Dijk nyatakan siap bela Timnas Indonesia pada akhir Mei

Rating: Disinformasi

Cek fakta: PSSI naturalisasi 150 pemain demi Piala Dunia 2026, benarkah?

Cek fakta: Hoaks! PSSI sebut Timnas Indonesia butuh 150 pemain naturalisasi

Baca juga: Dito sebut masih ada naturalisasi pesepak bola untuk Timnas Indonesia

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
COPYRIGHT © ANTARA 2024