Muaradua (ANTARA) - Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) memberikan pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) menggunakan Platform Merdeka Mengajar (PMM) bagi guru dan siswa SD Negeri 04 Muaradua, Kabupaten OKU Selatan.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan OKU Selatan Beni Suhendro di Muaradua, Selasa, mengatakan bahwa kunjungan BPMP Sumsel ke Sekolah Dasar (SD) Negeri 04 Muaradua ini guna memberikan pelatihan terkait IKM menggunakan PMM untuk diterapkan di wilayah setempat.

Baca juga: Disdik benahi penerapan kurikulum Merdeka Belajar di Sorsel

Dia menjelaskan, Kurikulum Merdeka merupakan inovasi pendidikan yang menekankan pembelajaran berdiferensiasi guna meningkatkan kualitas pembelajaran pada satuan pendidikan di OKU Selatan.

Selama diseminasi, kata dia, peserta menerima materi yang sangat menarik mengenai konsep dan penerapan Kurikulum Merdeka.

"Salah satunya materi tentang strategi pembelajaran berdiferensiasi, asesmen dalam pembelajaran Kurikulum Merdeka, penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah, serta unsur pendukung lainnya seperti Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)," katanya.

Baca juga: Literasi SDN Jinato Selayar naik 400 persen lewat Kurikulum Merdeka

Ia menjelaskan pelatihan ini juga memberikan wawasan mengenai pentingnya kolaborasi antara guru, kepala madrasah, dan komunitas sekitar dalam meningkatkan kualitas pendidikan di daerah itu.

Ia berharap melalui pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para peserta sehingga mereka bisa berperan aktif dalam penerapan Kurikulum Merdeka di sekolah masing-masing.

Baca juga: PAUD di Kudus bisa dijadikan contoh implementasi kurikulum merdeka

"Saya berharap kegiatan ini dapat memenuhi kebutuhan siswa secara lebih efektif serta memberikan pengalaman belajar yang lebih beragam dan bermakna bagi seluruh peserta didik di OKU Selatan," ujarnya.

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024