Jakarta (ANTARA) - Pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) dan merek lokal bisa meningkatkan angka penjualan secara signifikan berkat fitur-fitur yang ada di platform perniagaan elektronik Shopee.

"Kami melihat peningkatan drastis terhadap penjualan setelah menggunakan fitur interaktif Shopee. Peran fitur Shopee Live sangat besar bagi keseluruhan pendapatan, di mana 40 persen total pendapatan di semester I tahun 2024 berasal dari penjualan di Shopee Live," kata Founder & CEO Careso Joseph Sebastian dalam acara bertajuk Bercerita Bersama Shopee: Membangun Impian, Mewujudkan Kesuksesan di Jakarta, Selasa.

Careso menghasilkan produk wewangian tubuh seperti losion, parfum EDP, sabun mandi, dan produk perawatan Careso Baby yang aman untuk kulit bayi.

Bergabung dengan Shopee sejak tahun 2020, Careso kini telah menjadi penjual Shopee Mall yang mendapat kepercayaan konsumen karena produk-produk dijual dijamin 100% orisinal.

Careso juga bisa melihat peluang dan merasakan manfaat signifikan dari fitur Shopee Live dan Shopee Video.

Menurut Joseph, fitur interaktif Shopee ini memudahkan Careso membantu konsumen mengambil keputusan pembelian, mengingat produk wewangian tidak bisa ditunjukkan dengan warna ataupun tekstur seperti produk kecantikan lainnya.

Kendati demikian, setiap produk Careso memiliki desain, warna, dan gambaran yang dirancang untuk memicu imaginasi dan memori konsumen.

Dengan cara ini, Careso dapat mendeskripsikan wangi dari 16 jenis wewangian dan memberikan rekomendasi secara langsung berdasarkan preferensi yang disampaikan konsumen di kolom komentar dalam Shopee Live.

Lewat Shopee Video, Careso juga sering memberikan tip dan info bagi konsumen untuk memudahkan mereka memilih produk yang sesuai termasuk tip memilih antara body mist dan EDP Careso sesuai dengan kebutuhan.

"Ini semua mengantarkan Careso hingga mendapatkan peningkatan penjualan 10 kali lipat saat kampanye angka kembar Shopee dibandingkan hari biasa," kata Joseph.

General Manager Luxcrime Melisa Andriani juga menyampaikan bahwa Shopee turut membantu memperkenalkan merek produk kecantikan lokal kepada masyarakat luas.

Melisa mengatakan, penjualan produk kecantikan merek lokal tidak mudah
sebelum kehadiran platform perniagaan melalui media elektronik dan lokapasar.

"Dalam empat tahun terakhir, Luxcrime tumbuh signifikan dengan lonjakan transaksi yang terus meningkat berkat kontribusi Shopee sebagai platform sumber pendapatan terbesar Luxcrime di antara platform lainnya," katanya.

Melisa menyampaikan, Luxcrime berhasil mentransformasi bisnis dengan menjangkau lebih banyak konsumen lewat Shopee.

Performa Luxcrime meningkat dan Luxcrime berhasil naik kelas setelah beberapa tahun bergabung dengan Shopee Mall, yang menghadirkan pengalaman belanja lebih premium dan jaminan mutu produk.

Luxcrime juga memanfaatkan fitur interaktif Shopee Live dan Shopee Video sejak tahun 2022.

Melalui Shopee Video, Luxcrime rutin membagikan konten-konten kecantikan kepada konsumen.

"Semenjak aktif memanfaatkan fitur Shopee Live, sekitar 30 persen penjualan Luxcrime di Shopee berasal dari pengguna yang menikmati konten-konten interaktif di Shopee Live," kata Melisa.

Ia mengatakan bahwa fitur interaktif Shopee Live dan Shopee Video juga membantu pembukaan lebih banyak lapangan pekerjaan di lingkungan UMKM,  memperkenalkan lebih banyak bahan baku alami khas daerah di Indonesia, serta meningkatkan eksposur produk-produk kecantikan lokal.

"Kedepannya, kami akan terus giat menciptakan inovasi produk baru agar terus menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia," katanya.

 

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2024